10 Gedung Tertinggi di Dunia, Burj Khalifa Belum Ada yang Bisa Menandinginya

Hallo Sobat Ngopi, Kali ini kita akan membahas mengenai gedung tertinggi di dunia. Kalo kamu menaiki gedung tersebut serasa sedang terbang Lho Sobat, yuk kita simak….

Sejumlah negara di dunia berlomba membangun gedung-gedung pencakar langit untuk dinobatkan sebagai gedung tertinggi di dunia. Di antaranya adalah Dubai, China, Hong Kong, Taiwan, maupun Amerika Serikat. 

Berdasarkan data Skyscrapercenter, gedung tertinggi di dunia diraih oleh Burj Khalifa di Dubai dengan tinggi 828 meter. Dan ini lah daftar 10 Gedung tertinggi dunia..

Burj Khalifa, Uni Emirat Arab

Pic. By Travel Indonesia

Burj Khalifa merupakan bangunan yang konstruksinya rampung pada 2010 silam, dan dibangun sejak tahun 2004 silam. 

Nama Burj berarti ‘gedung’ sedangkan Khalifa berarti ‘pemimpin’. Nama ini disematkan oleh Sheik Mohammed untuk menghormati Presiden Uni Emirat Arab, Sheik Khalifa bin Zayed al-Nahyan.

Berdiri kokoh sebagai bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa juga menjadi ikon model bagi pusat peradaban manusia di masa depan. Burj Khalifa memiliki tinggi 828 meter dan terletak di Kota Dubai, Uni Emirat Arab. Saking tingginya, puncak gedung dengan 160 lantai ini dapat terlihat dari jarak sekitar 95 kilometer.

Shanghai Tower, China

Pic. By Youtube

Shanghai Tower merupakan sebuah wujud dari prototipe bangunan tinggi. Bangunan setinggi 632 meter ini berada di dekat Jin Mao Tower dan Shanghai World Financial Center. 

Shanghai Tower juga memiliki fasad melengkung dan spiral serta bagian dari trio gedung pencakar langit di jantung Zona Keuangan dan Perdagangan Lujiazui, China.

Makkah Royal Clock Tower, Arab Saudi

Pic. By Travel Umroh Wesal

Terletak di jantung kota suci umat Islam, Makkah Royal Clock Tower membawa suasana modern di kota bersejarah Mekkah. Menara ini dikembangkan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari King Abdulaziz Endowment Project.

Bangunan setinggi 601 meter juga menjadi akomodasi bagi umat muslim dari seluruh dunia pada saat melaksanakan ibadah haji setiap tahunnya. Tempat ini juga berdekatan dengan lokasi Masjidil Haram, yang dapat menampung hingga dua juta jamaah selama berlangsungnya ibadah haji.

Ping An Finance Center, China

Pic. By Architect

Berlokasi di Distrik Futian, Shenzhen, bangunan setinggi 599 meter ini menjadi generasi terbaru gedung pencakar langit prototipikal di Asia. Ping An Finance Center menjadi bangunan yang terhubung dengan kawasan properti komersial dan residensial, serta koridor rel berkecepatan tinggi Pearl River Delta. 

Gedung yang baru saja selesai pada tahun ini tersebut, seakan menjadi saksi bagi kota yang pertumbuhannya begitu pesat dalam 35 tahun terakhir, yaitu dari 300.000 jiwa menjadi 10 juta jiwa, pasca-ditetapkan sebagai Zona Ekonomi Khusus pertama di China.

Lotte World Tower, Korea Selatan

Pic. By Vertical World Circuit

Lotte World Tower memiliki bentuk yang ramping sehingga menonjol diantara bangunan sekitarnya. Inspirasi bentuk bangunan setinggi 554,5 meter ini diambil dari bentuk seni tradisional Korea.  

Bangunan ini menjadi tempat bagi ritel, perkantoran, hotel bintang tujuh dan officetelOfficetel merupakan sebuah tren real estate di Korea Selatan, yang menawarkan akomodasi bergaya studio dan apartemen bagi orang-orang yang bekerja di gedung tersebut.

One World Trade Center, Amerika Serikat

Pic. By Americaurlaub.de

Kehadiran One World Trade Center setinggi 541 meter, kembali menegaskan posisi Manhattan sebagai kota pusat bisnis. Bangunan yang menjadi ikon baru bagi Amerika Serikat ini terhubung dengan akses transportasi bawah tanah yang luas.

Guangzhou CTF Finance Centre dan Tianjin CTF Finance Centre, China

Pic. By The Executive Centre

Pembangunan gedung ini dimulai pada 2010, namun baru selesai enam tahun kemudian. Secara keseluruhan, CTF Finance Centre merupakan bangunan setinggi 530 meter

Sementara Tianjin CTF Finance Centre adalah gedung pencakar langit di Tianjin, China. Konstruksi bangunan ini dimulai pada 2013 dan selesai tahun 2019. Menara ini adalah gedung tertinggi kedua di Tianjin setelah Goldin Finance 117 yang konstruksinya baru selesai pada 2021 mendatang. 

Pembangunan gedung ini dimulai pada 2010, namun baru selesai enam tahun kemudian. Secara keseluruhan, CTF Finance Centre merupakan bangunan setinggi 530 meter. Sementara Tianjin CTF Finance Centre adalah gedung pencakar langit di Tianjin, China. Konstruksi bangunan ini dimulai pada 2013 dan selesai tahun 2019.

Menara ini adalah gedung tertinggi kedua di Tianjin setelah Goldin Finance 117 yang konstruksinya baru selesai pada 2021 mendatang. 

CITIC Tower, China

Pic. By Archinet

CITIC Tower, China adalah gedung pencakar langit di Kawasan Pusat Bisnis Beijing. Bangunan yang memiliki 109 lantai ini juga dikenal sebagai China Zun. 

CITIC Tower sendiri memiliki tinggi 528 meter dan selesai dibangun pada akhir 2018 lalu. 

Taipei 101, Taiwan

Pic. By Tripsavvy

Berdiri di Xinyi District, Taipei, bangunan ini lebih dikenal sebagai lokasi pusat perkantoran finansial dan mereka yang gemar berbelanja. Bangunan setinggi 508 meter mulai dibangun pada tahun 1999. Namun, progres konstruksinya baru selesai pada tahun 2011.

Shanghai World Financial Center, China

Pic. By Easy Tour China

Bangunan setinggi 492 meter ini merupakan bangunan mixed used, di mana terdiri atas 62 lantai perkantoran, dilengkapi dengan ruang konferensi, urban retail dan tempat makan. Letak bangunan yang selesai dibangun pada tahun 2008 ini berada di Shanghai Pudong District. 

Gedung ini juga menjadi lokasi bagi 174 kamar hotel bintang lima Park Hyatt Hotel yang berada di lantai 79 hingga 93. Ini sekaligus menempatkan hotel tersebut sebagai hotel tertinggi di dunia.

Nah Sobat itu dia 10 Gedung tertinggi di dunia, semoga bermanfaat yaa…

Sumber : Caritahu.kontan.co.id

Tinggalkan Balasan