4 Perbedaan Mendasar Desain Kamar Tidur Anak Laki-Laki dan Perempuan

Desain kamar tidur anak laki-laki dan perempuan tidak bisa disamakan dan dipukul rata. Anak laki-laki dan perempuan punya selera, warna kesukaan, dan tokoh kartun idola masing-masing. Karena itu, desain kamar setiap anak harus dibuat sesuai keinginan si anak, baik anak laki-laki ataupun perempuan.

Karena kamar tidur bukan hanya tempat untuk tidur, tapi juga tempat bermain, membaca, dan bersantai, kamar tidur anak pun harus didesain senyaman mungkin agar si kecil betah dan tidak rewel jika ditinggal sendiri di kamar. Untuk itu, bedakanlah desain kamar tidur anak laki-laki dan perempuan.

Tema
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan teman kamar tidur anak. Tanyakan pada si kecil, tema apa yang mereka inginkan di kamar tidur. Misalnya, tema kartun, superhero, alam, atau klub olahraga. Anak perempuan biasanya lebih suka tema kartun Disney atau bunga-bunga, sementara anak laki-laki lebih menyukai tema superhero dan klub sepak bola.

sumber: rilane.com | mybabydoo.com

Warna
Dalam mendesain kamar tidur anak, yang terpenting adalah menanyakan keinginan si anak, termasuk urusan warna. Anak laki-laki biasanya lebih identik dengan cat dinding warna biru atau merah, seperti warna klub sepak bola kesukaan mereka. Berbeda dengan anak perempuan, mereka lebih suka warna-warna cerah seperti pink, ungu, hijau muda, dan kuning.

Furnitur
Kamar tidur anak laki-laki biasanya dipenuhi dengan furnitur yang berbentuk hal-hal yang mereka sukai. Misalnya, kursi berbentuk mobil balap, sandaran ranjang berbentuk bola atau bergambar tokoh kartun favorit. Kamar tidur anak laki-laki juga biasanya minim ornamen atau pajangan khusus dan lebih simpel.

Sementara, kamar tidur anak perempuan biasanya penuh dengan furnitur lucu, menarik, dan memiliki banyak detil. Aksen warna pink umumnya banyak mendominasi kamar. Anak perempuan juga suka menghiasi kamar mereka dengan karakter favorit seperti Hello Kitty dan Barbie, atau nuansa bunga warna-warni. Jika si kecil penggemar Disney, desain kamar mereka dengan memadukan nuansa pink yang lembut dan ranjang ukiran khas putri kerajaan.

Dekorasi Dinding
Pada kamar tidur anak laki-laki bisa ditambahkan hiasan dinding bergambar pembalap motor atau pemain bola favorit mereka. Sementara, anak perempuan lebih menyukai dinding berlapis wallpaper motif polkadot dengan warna-warna cerah dan ramai.

Tinggalkan Balasan