4 Tips Ciptakan Rumah Nyaman Buat Kaum Introvert

Rumah adalah tempat perlindungan untuk mereka yang memiliki kepribadian introvert. Konon, rumah menjadi lokasi favorit para introvert untuk mengisi ulang energi, menjaga kewarasan dan kesehatan mental, dan menciptakan merasa aman setelah seharian berinteraksi dengan orang-orang di luar rumah.

Karena itu, rumah harus didesain dan dibuat senyaman mungkin agar sesuai dengan kebutuhan penghuninya yang introvert. Nah, ini dia tips membuat rumah menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk para introvert.

Pilih Warna Netral
Warna cat dan desain ruangan bernuansa netral sangat cocok untuk orang introvert. Selain mencegah gangguan, nuansa netral juga menciptakan kehalusan ruangan yang umumnya tidak mempengaruhi emosi seperti kegembiraan berlebihan ataupun perasaan cemas. Warna-warna netral juga bisa memberikan kedamaian dan kenyamanan, seperti yang diinginkan oleh para introvert.

foto: stocksy.com/Kelly Knox

Pilih Furnitur yang Nyaman
Selain warna ruangan, furnitur juga menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam desain rumah orang introvert. Ada beberapa furnitur yang disarankan, misalnya selimut berbulu, kursi empuk, karpet lembut, bantal besar, atau sebuah sofa nyaman di dekat jendela. Selain itu, tambahkan juga kursi berlengan untuk membaca buku, bantal yang besar di ruang tamu, atau koleksi cangkir kopi yang estetik.

Beri Ornamen Penyampai Emosi
Bukan cuma furnitur yang nyaman dan sederhana, furnitur yang bisa membangkitkan energi positif juga diperlukan dalam desain ruangan untuk para introvert. Karena orang introvert sering sulit dalam menyampaikan emosi dan perasaannya, desain rumah orang introvert sebaiknya berfokus pada ruang yang nyaman untuk menyalurkan emosi, seperti dengan menambahkan gambar atau karya seni sederhana yang mewakili memori, perasaan, atau momen tertentu.

Tambah Fitur Peredam Suara
Bagi introvert yang menyukai keheningan, dibutuhkan furnitur yang mampu meredam suara. Fitur peredam suara ini bisa diciptakan melalui gorden panjang, karpet tebal, atau bahan tekstil kedap suara lainnya yang dapat dilapiskan ke dinding. Hal ini menjadi penting mengingat pertimbangan orang introvert yang ingin membuat ruangan terasa tenang, menginspirasi, sekaligus menjadi tempat refleksi.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan