5 Kelebihan Mengaplikasikan Warna Pastel untuk Tema Dekorasi Ruangan

Warna pastel umumnya dipilih oleh mereka yang tidak ingin rumahnya terlihat mencolok ataupun berlebihan. Memang benar, warna pastel memiliki karakteristik yang santai, manis, dan menenangkan. Namun, bukan hanya itu yang jadi keunggulan warna-warna pastel sebagai warna tema dekorasi ruangan.

Warna-warna pastel memiliki kelebihan karena bisa diaplikasikan mulai dari warna dinding, aksen ruangan, sampai digunakan sebagai motif-motif unik. Berikut ini lima keunggulan warna-warna pastel untuk diaplikasikan sebagai tema dekorasi ruangan.

Cocok untuk Pria dan Wanita

sumber: roohome.com

Warna-warna pastel memang banyak dipilih oleh para wanita karena karakteristiknya yang lembut. Namun, bukan berarti warna-warna pastel tidak bisa diaplikasikan pada kamar pria. Ada beberapa warna pastel yang bisa membuat kepribadian ruangan jadi lebih manly. Untuk memunculkan kesan manly dengan warna pastel, gunakan elemen kayu yang berfungsi untuk meningkatkan keindahan warna pastel.

Di sisi lain, untuk para wanita, warna-warna pastel bisa memberikan sentuhan romantis dan feminin dengan cara yang tepat. Selain itu, warna pastel juga cocok dengan gaya shabby chic dengan motif-motifnya yang lembut.

Memberi Kesan Menenangkan

sumber: decorist.com

Ada dua cara agar warna-warna pastel bisa memberi kesan menenangkan pada sebuah ruangan, yaitu dengan menjadikan warna pastel sebagai titik utama (focal point) dan menjadikan warna pastel sebagai warna muted. Warna yang muted dianggap juga sebagai warna “abu-abu” dari tiap warna. Berbeda dengan warna pastel pada biasanya, warna pastel yang muted memberikan kehangatan lebih besar ke dalam ruangan.

Warna pastel sebagai focal point ataupun warna pastel muted memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga memungkinkan untuk diterapkan oleh pemilik rumah dengan kepribadian yang berbeda pula.

Membuat Ruangan Terlihat Lebih Luas

sumber: mydomaine.com

Yang mungkin semua orang sudah tahu, penggunaan warna putih bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Tapi bukan cuma warna putih, warna pastel juga bisa melakukan hal yang sama. Kelebihan dari warna-warna pastel adalah kemampuannya untuk membuat ruangan terlihat luas tanpa membuat ruangan terlihat membosankan karena dapat memberikan banyak warna.

Cocok dengan Berbagai Desain Interior

sumber: designattractor.com

Bukan hanya cocok dengan gaya interior shabby chic, warna-warna pastel juga tidak kalah cantik jika dipadukan dengan gaya-gaya interior lain. Warna-warna pastel bisa diaplikasikan pada desain ruangan yang tradisional maupun modern, gaya Skandinavia, ataupun gaya kontemporer, hingga disebut sebagai warna one for all.

Cocok Jadi Aksen Ruangan

sumber: wow1day.com

Jika tidak ingin warna pastel yang digunakan terkesan berlebihan, cobalah gunakan warna pastel hanya sebagai aksen ruangan. Selain itu, warna pastel bisa juga digunakan untuk menambah keindahan sebuah furnitur.

Tinggalkan Balasan