Bukan Cuma Fantasi, Rumah Hobbit di Dunia Nyata Ini Bisa Ditinggali

Rumah Hobbit bukan cuma ada di film The Lord of the Rings, tapi ada banyak di dunia nyata. Namun, kebanyakan dari rumah-rumah Hobbit itu hanya rumah yang dibangun sebagai sarana wisata untuk sekadar dikunjungi dan berfoto-foto di bagian luarnya saja. Tapi berbeda dengan rumah Hobbit yang satu ini, yang benar-benar bisa ditinggali.

Rumah unik ini terletak di River Falls, Wisconsin, Amerika Serikat. Rumah karya arsitek Mike McGuire ini rupanya sudah ada lama sekali. Berada di bawah tanah, rumah ini dibangun pada tahun 1972, saat terjadi krisis energi.

sumber: edinarealty.com

Pemilik asli rumah Hobbit ini adalah Jacque Foust, seorang pensiunan profesor dari University of Wisconsin. Jacque membeli rumah tersebut pada tahun 1984, namun memutuskan menjualnya karena kadang ia tinggal di Florida, dan juga punya rumah di Stockholm, Swedia.

Jika dari luar kelihatan mungil, rumah ini sebenarnya cukup luas. Rumah ini berada di lahan seluas 3,47 acre atau sekitar 1,4 hektare. Dengan luas 2.236 kaki persegi atau sekitar 208 m2, fasilitas rumah Hobbit ini terbilang sangat lengkap.

sumber: edinarealty.com

Terdapat dua kamar tidur, dua kamar mandi, dan garasi yang muat untuk dua mobil. Selain itu, terdapat tiga perapian kayu, dua tungku, dan lima skylights atau jendela atap.

Karena berada di bawah tanah, rumah Hobbit ini tampak menghijau saat tertutupi oleh rerumputan, dan putih saat musim salju. Bagian dek rumah ini terlindungi oleh pepohonan, sehingga teduh dan sejuk.

sumber: edinarealty.com

Rumah Hobbit ini dibanderol seharga US$ 285.000 atau sekitar Rp 4,1 miliar, namun terjual di tahun 2019 seharga US$ 190.000 atau setara Rp 2,7 miliar.

Tinggalkan Balasan