Canggih Banget! Jendela Ini Bisa Berubah Jadi Balkon

Perusahaan arsitektur HofmanDujardin di Amsterdam, Belanda, membuat sebuah inovasi canggih yang bisa mengubah jendela menjadi balkon. Inovasi tersebut diberi nama Bloomframe. Dengan menekan sebuah tombol, jendela bisa langsung berubah fungsi jadi balkon hanya dalam hitungan 55 detik.

Dilansir dari laman resmi bloomframe.com, jendela Bloomframe tidak hanya bisa diaplikasikan di apartemen, tapi juga rumah tapak, hotel, dan gedung perkantoran. Namun, jendela multifungsi ini pertama kali dipasang di sebuah apartemen di Amsterdam pada tahun 2017.

sumber: bloomframe.com

Jendela Bloomframe diproduksi dalam berbagai ukuran, mulai dari L, XL, XXL, bahkan bisa lebih besar lagi sesuai dengan pemesanan. Jendela berukuran L memiliki dimensi lebar 1,7 meter dan tinggi 2,4 meter. Ukuran XL memiliki lebar 2,3 meter dan tinggi 2,4 meter. Dan, ukuran XXL dengan lebar 3 meter dan tinggi 2,4 meter. Sementara, kedalaman standar balkon Bloomframe adalah seluas 1,05 meter.

Jendela Bloomframe digerakkan oleh tenaga listrik. Namun saat mati listrik mati, jendela ini masih tetap bisa berfungsi dan berubah menjadi balkon. Hal tersebut berkat motor tubular yang diposisikan secara horizontal di bagian atas bingkai jendela, di bagian dalam rumah, dan di balik penutup pelindung.

sumber: hofmandujardin.nl

Motor itu dikendalikan oleh sistem elektronik yang dikembangkan secara khusus dan memiliki sistem penggantian darurat manual untuk membuka atau menutup jendela.

Sobat Ngopi tertarik untuk mengganti jendela rumah dengan jendela Bloomframe? Sayangnya tidak ada rilis resmi mengenai harga jendela canggih tersebut. Namun, tentu saja tidak akan murah. Diperkirakan, harga jendela Bloomframe berkisar antara US$ 11.500 – US$ 14.500, atau sekitar Rp 161 juta – Rp 203 juta.

Tinggalkan Balasan