Gaya Arsitektur Japandi, Perpaduan Desain Oriental dan Nuansa Alam

Gaya arsitektur yang mengusung konsep minimalis semakin digemari dalam satu dekade terakhir, salah satunya adalah arsitektur Japandi. Kata Japandi sendiri merupakan gabungan dari kata Jepang dan Scandi (Skandinavia).

Munculnya gaya arsitektur ini berawal ketika para desainer dan seniman Denmark mulai bepergian ke Jepang. Pada saat itu, desain mereka mulai dipengaruhi oleh estetika oriental yang penuh teka-teki dan memesona yang mereka lihat di negeri Sakura.

Gaya desain kolaboratif ini dapat dilihat pada beberapa kerajinan keramik, arsitektur, dan furnitur yang ada di Denmark. Terlebih lagi, filosofi kedua gaya arsitektur, yaitu Wabi-Sabi dari Jepang dan Hygge dari Denmark, menghargai kesederhanaan, minimalis, dan penggunaan material alami.

Jika tertarik dengan gaya arsitektur Japandi, kuncinya adalah minimalis, fungsional, sederhana, dan tak banyak elemen tambahan. Berikut ini beberapa prinsip yang berlaku untuk furnitur dan dekorasi ruangan Japandi.

Mengusung Material Alami

sumber: houseandhome.com

Filosofi desain Japandi berfokus pada pentingnya pemanfaatan bahan-bahan dari alam di hunian. Kayu adalah elemen yang dominan, dan tidak terbatas pada furnitur. Penggunaan kayu dalam hunian sangat bebas karena bisa digunakan sebagai dinding maupun lantai, bahkan untuk elemen dekorasi taman di dalam ruangan.

Minim Elemen Dekoratif

sumber: crescenzi.ch

Disarankan untuk tidak menempatkan terlalu banyak hiasan di dinding. Pilih beberapa vas, ornamen keramik, atau kerajinan tangan yang unik.

Menonjolkan Tekstur

sumber: storynorth.com

Selain furnitur, penting untuk memperhatikan tekstur bantal, permadani, dan furnitur tambahan. Bahan alami seperti bambu, rotan, kertas, keramik, dan kayu ringan sangat ideal untuk gaya Japandi.

Warna Alami

sumber: us.cnn.com

Untuk benar-benar mematuhi menerapkan konsep arsitektur Japandi, pilihlah warna-warna yang ada di alam. Misalnya, warna yang terang seperti putih atau abu-abu muda, atau warna yang sedikit gelap seperti coklat dan hijau zaitun sesuai warna alam.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan