Ingin Menaruh TV di Kamar Tidur? Pertimbangkan Dulu Hal Ini

Kamar tidur adalah ruangan yang digunakan penghuni rumah untuk beristirahat. Untuk menambah kenyamanan, kamar tidur biasanya dilengkapi dengan berbagai furnitur dan dekorasi, salah satunya televisi.

Biasanya, penghuni kamar menambahkan TV di kamar agar mempermudah mereka menonton dan untuk menikmati tayangan favorit sambil berbaring santai. Namun dalam hal fengshui, rupanya menaruh TV di kamar tidur justru lebih cenderung mengarah ke hal-hal negatif.

Menurut fengshui, TV dianggap sebagai cermin, sehingga bisa mengganggu aliran chi dalam ruangan. Permukaan reflektif seperti cermin dan TV dianggap dapat memantulkan aliran chi positif keluar ruangan melalui pintu dan jendela, padahal sangat diperlukan untuk memperoleh tidur yang berkualitas.

foto: ZenShui/Frederic Cirou/Getty Images

Semua kamar tidur dianggap sebagai ruang yin yang tenang, santai, dan identik dengan tempat beristirahat setelah seharian berkegiatan. Namun di sisi lain, terlalu banyak energi yin di kamar tidur yang dipancarkan lewat refleksi TV tidak menguntungkan penghuni rumah.

Hal tersebut bisa menyebabkan kesulitan bangun di pagi hari. Selain itu, TV juga bisa menambah energi yang di kamar tidur dalam jumlah besar.

Terlalu banyak energi yang di kamar tidur dan mengalahkan yin bisa menyebabkan insomnia karena penghuni kamar tidak bisa merasa cukup tenang untuk beristirahat.

Tidur sangat penting untuk kesehatan dan prinsip fengsui tidak menyarankan memiliki TV atau peralatan elektronik apa pun di kamar tidur jika memungkinkan. Namun jika sudah terlanjur memasang TV di kamar tidur, solusinya dengan menutup layar menggunakan kain untuk memblokir efek refleksi.

Selain itu, bisa juga menggunakan kabinet atau rak khusus yang membuat TV tidak terlihat ketika sedang tidak digunakan. Dengan begitu, TV tetap bisa diletakkan di kamar tidur, dan penghuninya juga bisa mendapatkan manfaat energi chi yang seimbang.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan