Ini Dia 4 Gaya Desain Interior Paling Populer, Suka yang Mana?

Gaya desain interior rumah adalah selera dan pilihan masing-masing orang. Namun, banyak orang yang sering kali sulit menentukan pilihan saat harus menentukan desain interior yang akan diaplikasikan di rumah.

Untuk membantu dalam mengidentifikasi dan menentukan pilihan, berikut empat gaya desain interior yang paling populer saat ini, yang bisa Sobat Ngopi pertimbangkan dalam mendisain rumah. 

Minimalis

foto: rushtonandcompany.co.uk

Minimalisme adalah cara menjalani kehidupan untuk memberi lebih banyak kebebasan. Buat yang suka kesederhanaan, dekorasi minimalis akan membawa kedamaian dalam hidup. Karena saat menerapkannya pada desain interior, rumah akan terlihat indah, sederhana, bersih, dan bebas dari kekacauan.

Gaya minimalis dibuat dengan penggunaan warna atau elemen dekorasi sesedikit mungkin. Warna yang direkomendasikan umumnya warna-warna netral pada dinding seperti putih, krem, atau abu-abu muda. Netral terlihat bersih, cocok dengan berbagai warna, dan memenuhi kesederhanaan gaya minimalis. Yang terpenting, selalu rapikan barang-barang dan pastikan semuanya berada di tempatnya.  

Industrialis

foto: freepik.com/laci-2010

Gaya industrialis dipengaruhi oleh tampilan bangunan pabrik saat Revolusi Industri. Gaya ini memiliki percikan minimalis, namun lebih fokus pada ruang terbuka, tekstur, dan bahan yang digunakan kembali seperti balok kayu, pipa terbuka, dinding bata interior, serta lampu gantung bergaya vintage.

Untuk lantai, gunakan lantai kayu atau beton untuk suasana industri yang trendi. Setelah itu, fokus pada dinding dan plafon, lalu bebas tambahkan tekstur dengan mengekspos dinding bata atau menambahkan balok kayu ke plafon. 

Bohemian

foto: decorilla.com

Berasal dari tahun 1960-an, gaya bohemian atau boho adalah semua tentang elemen alam serta suasana santai. Bohemian adalah estetika berjiwa bebas yang berakar pada pencampuran budaya dan kepekaan artistik. Salah satu cara terbaik mewujudkan gaya boho di rumah adalah dengan penggunaan elemen alami.  

Menggantung tanaman dengan gantungan macrame dan menempatkannya di sudut dan atas meja adalah bagian penting dari gaya bohemian. Selain itu, gunakan juga karya seni seperti lukisan dengan desain yang damai atau potongan warna-warni yang berani di dinding. Nuansa hijau, biru, kuning, dan merah juga membuat latar belakang yang bagus untuk aksesori dan furnitur bohemian.  

Modern

foto: home-designing.com

Rumah bergaya modern identik dengan furnitur ramping yang dirancang dengan garis lurus dan warna netral lembut, terutama abu-abu, putih, juga hitam. Rumah bergaya modern sering kali memiliki konsep terbuka untuk menciptakan aliran yang lebih baik. Biasanya, dapur, ruang tamu, dan ruang makan didesain menyatu.

Gaya modern mengambil beberapa ide dari konsep lain seperti minimalis dan industrial, menggunakan baja, beton, dan kayu. Desain interior modern berfokus pada fungsi, penyimpanan, bentuk geometris, serta ruang yang jelas.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan