Inspirasi Desain : Bangunan Tahan Cuaca Panas

Negara beriklim tropis seperti Indonesia memiliki suhu udara yang cenderung panas dan lembab dengan curah hujan tinggi. Dengan karakter iklim tersebut, tak heran banyak bangunan rumah yang cepat mengalami kerusakan, mulai dari konstruksi hingga cat tembok rumah perlu di perhatikan

kali ini kita mau ngasih informasi bagaimana sih punya rumah tapi tahan panas? ini sangat penting lhooo sobat Ngopi…… Yuk kita simak

pic. by Pinterest

  1. Bangunan dengan Plafon yang Tinggi, penggunaan Plafon tinggi ini akan menyebabkan rumah menjadi lebih sejuk lho Sobat meskipun di cuaca yang panas. Jadi jika kamu tinggal di daerah dengan suhu yang panas, alternatif ini sangat cocok untuk digunakan.
  2. Rumah dengan menggunakan batu, nah sobat penggunaan material batu ini bisa mengurangi resiko panas lhooo… batu pun bisa meningkatkan kemewahan rumah dan meminimalisir terjadi jamur dan kokoh bertahun – tahun.
  3. Bangunan dengan bahan beton, penggunaan beton itu lagi happening banget lhoo Sobat, terkenal dengan awetnya, tahan api serta tidak akan mengalami pengaratan akibat lingkungan, sangat cocok di terapkan di lingkungan tropis seperti Indonesia.
  4. Bangunan dengan banyak kisi – kisi, penggunaan kisi – kisi yang baik akan mempengaruhi sirkulasi udara yang baik juga lhoo Sobat. sehingga udara dapat menyebar ke seluruh ruangan dan akan terasa sangat sejuk.
  5. Bangunan dengan Area terbuka, hunian menjadi lebih leluasa dan nyaman, pengadopsian area terbuka juga membuat aliran udara di dalam rumah bisa tersebar secara maksimal sehingga lebih sehat, bebas lembab, anti panas dan anti pengap, cocok banget untuk di aplikasikan nihhh Sobat.
  6. Bangunan dengan bahan Kayu, Selain estetik, penggunaan material kayu pada konsep bangunan juga memiliki kelebihan lain karena kayu merupakan isolator alami pada suhu udara panas dan dingin sehingga hunian akan selalu nyaman di berbagai kondisi cuaca. Identik dengan durabilitas yang sangat prima, bangunan dengan Konstruksi kayu juga tahan terhadap gempa karena sifatnya yang elastis dan tidak mudah roboh seperti tembok sehingga sangat cocok untuk diterapkan di sejumlah kawasan di Indonesia yang rentan terhadap gempa, ini sangat penting sekali nih Sobat….
  7. Bangunan dengan nuansa Putih, Jika hunian Sobat berada di kawasan bersuhu hangat seperti di tepi pantai, konsep bangunan bernuansa putih yang satu ini sangat cocok untuk diadopsi. Alasannya, dominasi cat putih pada tembok dapat bekerja efektif memantulkan paparan sinar matahari sehingga suhu ruangan akan terasa sejuk saat siang hari, warna cat putih pun akan memperlihatkan bahwa hunian kamu sangat bersih Lho sobat….
pic.by Pinterest Bangunan menggunakan Batu
pic.by Pinterest Menggunakan bahan beton
pic. by Pinterest Rumah menggunakan kisi – kisi
pic.by Pinterest Rumah dengan Area terbuka
pic.by Pinterest Rumah Kayu
pic.by Pinterest Rumah dengan cat putih

Tinggalkan Balasan