Inspirasi Motif Garis-Garis Ciptakan Desain Bergaya Nautikal

Untuk Sobat Ngopi yang menyukai segala sesuatu tentang lautan, cobalah desain rumah bergaya nautikal. Desain nautikal bisa menumbuhkan rasa nyaman seperti berada di tepi pantai dan menciptakan imajinasi seolah terdengar suara debur ombak dan tercium aroma lautan yang khas.

Ciri khas desain bergaya nautikal adalah kehadiran elemen-elemen seperti kapal, jangkar, topi nahkoda, dan makhluk laut. Namun, elemen nautikal yang paling sederhana adalah motif garis-garis. Berikut ini tips menciptakan gaya nautikal pada desain interior rumah.

Warna

sumber: impressiveinteriordesign.com

Warna jadi poin terpenting untuk menciptakan nuansa laut di dalam rumah. Pilih warna-warna yang paling mewakili unsur laut dan pantai. Warna-warna yang paling sesuai di antaranya warna putih antik, putih cemerlang, deep aqua, biru navy, wine, burgundy, dan biru pucat.

Warna putih sebaiknya digunakan sebagai dasar dari semua warna yang dipilih karena sifat netral yang dimilikinya. Lalu kombinasikan warna putih dengan biru, mulai dari yang paling terang hingga yang paling gelap.

Garis-Garis Nautikal

sumber: sebringdesignbuild.com

Penggunaan pola garis-garis berwarna putih dan biru jadi ciri khas ruangan bergaya nautikal. Aplikasikan pola ini untuk tirai, karpet, wallpaper, atau sebagai aksesori di dalam rumah. Batasi warna-warna lain agar tak bertabrakan. Namun, menempatkan karpet berwarna merah atau barang dekorasi lainnya akan terlihat menarik saat ditempatkan di sebelah garis-garis putih dan biru laut.

Furnitur

sumber: decorationpin.com

Desain bergaya nautikal memiliki ciri khas pada unsur alamnya. Karena itu, batasi furnitur yang terbuat dari plastik atau bahan sintetis. Pilih material kayu untuk rak, meja, dan kursi. Furnitur tersebut juga bisa dicat dengan warna cokelat, krem, putih, atau biru agar lebih menarik.

Dekorasi

sumber: printmeposter.com

Tambahkan ornamen roda kemudi kapal, peta pelayaran kuno, atau jangkar raksasa sebagai dekorasi gaya nautikal di rumah. Gantung roda kemudi kapal atau jangkar raksasa tersebut di dinding dan menjadikannya sebagai focal point di dalam ruangan.

Selain itu, tambahkan juga aksesori lainnya yang mencerminkan kehidupan pelaut, misalnya tali yang sudah terlihat tua, teleskop, pelampung, dayung, batu, bintang laut, dan lain sebagainya untuk mempercantik rumah.

Yang perlu diingat, jangan terlalu berlebihan dalam mendekorasi rumah dengan gaya nautikal. Elemen-elemen kunci dari gaya nautikal juga tidak bagus jika dicampur aduk. Agar tidak menimbulkan kesan berantakan, pisahkan elemen seperti garis-garis, bintang laut, kapal, jangkar, dan lainnya ke beberapa ruangan berbeda di rumah.

Tinggalkan Balasan