Interior Rumah Tampil Beda dengan Desain Bertema Industrial

Desain bertema industrial memang tak banyak diaplikasikan pada rumah tinggal ketimbang gaya minimalis. Namun jika Sobat Ngopi ingin tampilan rumah dengan interior yang berbeda, desain industrial boleh dicoba karena memiliki visual yang menarik dengan warna-warna identik seperti hitam, putih, dan abu-abu.

Gaya industrial banyak menggunakan material seperti palet baja beton, plat stainless steel, baja, cermin, dan batu bata ekspos. Material kayu juga bisa digunakan untuk menghadirkan kesan yang lebih hangat. Berikut ini beberapa elemen menarik dari desain industrial yang bisa diaplikasikan di rumah.

Saluran Pipa

sumber: home-designing.com

Salah satu elemen desain industrial adalah fitur sistem bangunan seperti saluran pipa, pemanas, dan ventilasi seperti yang terdapat di pabrik tua. Biarkan saluran pipa tersebut terekspos, namun tampilkan dengan cara yang lebih halus. Misalnya, dengan menyatukan beberapa potong pipa di dapur, atau bisa juga menggunakan pipa galvanis untuk kaki meja buatan sendiri, shelving brackets, atau penggantung jas.

Kayu dan Logam 

sumber: home-designing.com

Penggunaan kayu dan logam sangat umum pada desain industrial. Kehadiran elemen kayu di rumah akan menambah kesan nostalgic dan hangat. Selain itu, mengekspos material alami pada pengolahan elemen interior industrial seperti kayu dan logam dapat menampilkan kesan yang raw dari material yang rustic.

Lantai kayu tua bisa dibeli di pasar loak, dan jadikan sebagai dinding panel. Bingkai jendela atau pintu bernuansa vintage bisa digunakan sebagai dinding gantung, headboards, meja, atau hiasan.

Pencahayaan

sumber: home-designing.com

Unsur cahaya dalam desain rumah industrial juga menjadi bagian penting. Jenis lampu yang menggambarkan pabrik-pabrik tua adalah lampu gantung berlapis warna porselen, kerangkeng aluminium bohlam, dan kaca bergaris. Tidak sulit mencari lampu dengan bentuk seperti itu karena banyak dijual di pasaran. Pasang lampu-lampu tersebut di ruang makan, pintu masuk, atau lorong rumah.

Tinggalkan Balasan