Jangan Terjebak, Efek-Efek Warna Ini Cuma Mitos!

Banyak orang yang percaya jika warna memberikan efek dan kesan tertentu pada rumah. Memang hal itu ada benarnya, tapi tidak seluruhnya benar. Ada beberapa yang hanya mitos belaka, sehingga tidak perlu benar-benar diikuti atau malah ditakuti. Sobat Ngopi bebaskan saja berkreasi dengan warna, yang sesuai dengan tema dan desain rumah.

Lalu, mitos-mitos warna apa saja yang banyak beredar dan dipercaya oleh masyarakat. Berikut beberapa mitos warna seperti yang dilansir dari rumah.com.

Warna Putih Memberi Efek Luas

sumber: tiphero.com

Penggunaan warna putih tak selamanya menjadikan sebuah ruangan terlihat luas atau lega. Pemberian warna putih yang berlebihan malah akan membuat ruangan terasa membosankan. Ruangan yang seluruhnya dicat putih juga akan menimbulkan efek seperti berada di rumah sakit.

Triknya, jika Sobat Ngopi memang menyukai dinding yang berwarna putih, tambahkan sapuan warna lain pada plafon rumah sebagai aksennya.

Warna Gelap Terlihat Kusam

sumber: home-designing.com

Warna-warna gelap dan berat seperti cokelat, hijau lumut, atau biru laut belum tentu membuat ruangan menjadi kusam. Berikan saja sentuhan warna terang melalui pemilihan warna furnitur di dalam ruangan tersebut, sehingga ruangan yang bercat warna gelap tidak akan terlihat kusam.

Warna Pastel Terkesan Feminin

sumber: thesleepjudge.com

Buat Sobat Ngopi yang laki-laki jangan takut memilih warna-warna pastel seperti hijau daun, biru langit, atau bahkan krem untuk mewarnai dinding kamar. Trik agar tak terlihat feminin adalah menggunakan warna pastel yang dikombinasikan dengan warna gelap, misalnya untuk bagian lis (bingkai) plafon, atau beri warna gelap pada sisi tengah dinding yang berwarna pastel.

Warna Dasar untuk Anak-Anak

sumber: hgtv.com

Pemberian warna di dinding kamar anak tidak terbatas hanya menggunakan warna-warna palet atau warna dasar yang terang saja. Bisa juga gunakan warna sekunder, seperti biru toska atau magenta, lalu aplikasikan stiker dinding yang sesuai dengan kepribadian anak.

Tinggalkan Balasan