Kabin Unik Ramah Lingkungan, Minimalkan Penggunaan Beton dan Paku

Sebuah startup penyewaan penginapan bernuansa alam di Jepang bernama SANU hadirkan desain kabin kayu yang sangat unik. Kabin ini ditujukan untuk mereka yang ingin mencari suasana baru yang jauh dari kota untuk berlibur, beristirahat, atau bekerja sambil liburan.

Lima unit kabin SANU didirikan pada akhir 2021 di dua lokasi yang berbeda, yang hanya berjarak 1,5-3 jam perjalanan dari pusat Kota Tokyo. Sementara pada musim panas tahun 2022, SANU berencana akan memperbanyak kabin hingga 50 buah di tujuh lokasi.

Dibangun di alam terbuka, kabin ini dirancang dengan mengurangi dampak lingkungan. Perancang dari studio arsitek ADX menggunakan struktur prefabrikasi dengan 100 persen kayu cedar Jepang dan enam tiang pancang untuk meminimalkan beton.

sumber: designboom.com

Tidak hanya itu, kabin ini juga memiliki struktur sarang lebah yang ringan dan kokoh, yang diwujudkan dengan jumlah suku cadang minimal. Meskipun hanya menggunakan sedikit paku, lem, serta bahan bangunan yang dapat digunakan kembali, penginapan unik ini dapat dengan mudah dibongkar dan dibangun kembali di tempat lain untuk memperbarui suasana.

Sedangkan untuk fasilitas yang diberikan, kabin SANU memiliki ruang tamu terbuka dengan dek kayu yang nyaman agar para tamu bisa menikmati sarapan sambil melihat pemandangan. Tersedia pula dapur, kamar mandi, ruang kerja, kompor kayu, dan layar home theater.

sumber: designboom.com

Interior kabin disusun dan dicirikan oleh rasa kehangatan dan keterbukaan, serta dilengkapi dengan elevasi kaca utama yang membingkai pemandangan alam di luar.

Kabin yang disebut sebagai rumah kedua ini bisa disewa oleh anggota terdaftar dengan membayar biaya bulanan sebesar Rp 6,3 juta, dan bisa memesan serta menikmati kabin apa saja dan kapan saja.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan