Keret House: Rumah Tersempit di Dunia Berfasilitas Lengkap

Sobat Ngopi mungkin pernah merasa jika rumah yang Anda tinggal sempit sekali. Tapi tunggu dulu, Sobat Ngopi harus tahu bahwa ada rumah yang lebih sempit dari rumah Anda, yaitu Keret House. Rumah milik seniman dan penulis Etgar Keret ini bahkan dijuluki sebagai rumah tersempit di dunia.

Rumah yang berlokasi di Warsawa, Polandia, ini lebarnya hanya sekitar empat kaki, atau setara 1,2 meter saja. Sementara, tingginya mencapai 30 kaki atau setara 9,14 meter.

sumber: archdaily.com

Keret House dirancang oleh arsitek Jakub Szczesny. Ia merancang rumah tersebut dalam waktu tiga tahun untuk ditinggali oleh Etgar Keret. Rumah sempit ini dibangun di sisa lahan tanggung yang berada di antara dua gedung bertingkat. Bahkan jika dilihat dari luar, bangunan ini sama sekali tidak terlihat seperti sebuah rumah.

Tapi saat melihat bagian dalamnya, semua orang pasti akan terkejut dengan fasilitasnya yang lengkap, yang tidak berbeda dengan rumah-rumah pada umumnya. Rumah ini memiliki dapur, kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu, ruang kerja dan area lainnya. Hanya saja, karena ukurannya yang sangat sempit, ruangan-ruangannya dibangun ke atas dan dihubungkan dengan tangga.

sumber: culture.pl

Keret House didesain dengan tembok dan atap transparan yang berguna untuk menangkap cahaya alami yang ada di sekeliling rumah. Dengan pencahayaan yang cukup, rumah berinterior putih ini jadi terlihat tidak terlalu sempit dan sesak.

Karena ukurannya yang sempit, rumah ini hanya bisa dihuni oleh satu orang saja. Etgar Keret sendiri biasa menempati rumah ini beberapa hari dalam seminggu. Sisanya, rumah ini ia sewakan untuk para seniman dan penulis yang ingin mencari inspirasi dengan tinggal di rumah sempitnya.

sumber: amusingplanet.com

Nah, jika rumah Sobat Ngopi kecil dan sempit, jangan mengeluh. Anda bisa mendapatkan suasana yang nyaman tinggal di rumah sempit hanya dengan mendesainnya dengan baik, seperti contohnya Keret House. Gampang, kan!

Tinggalkan Balasan