Kiev, The City of Domes, Indahnya Kota Seribu Katedral

Di antara banyaknya kota indah di seluruh dunia, Kiev adalah salah satunya. Ibu Kota Ukraina ini memiliki pemandangan indah dan unik, dengan lanskap yang dihiasi oleh banyaknya bangunan katedral, sehingga Kiev terkenal dengan sebutan City of Domes atau kota kubah.

Kiev memiliki kurang lebih 950 katedral, yang dibangun sejak era Reus Kiev hingga masa kini. Salah satu katedral yang paling terkenal adalah Katedral Saint Sophia dibangun pada awal abad ke-11.

Bangunan ini merupakan lambang dari Konstantinopel baru dan kini telah dimasukkan ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Bangunan katedral lainnya seperti Gereja Saint Andrew, Katedral Bizantium Saint Volodymyr, hingga Katedral Katolik Roma Saint Nicholas Gothic, juga memiliki arsitektur unik.

sumber: theculturetrip.com

Selain katedral, Kiev memiliki banyak teater yang menjadi tempat untuk para pecinta seni mempertunjukan karyanya. Salah satunya adalah National Opera of Ukraine yang telah dibangun sejak tahun 1091.

National Opera of Ukraine merupakan salah satu teater paling indah di negara ini. Dekorasi fasadnya yang indah memukau penduduk lokal dan turis.

Ada juga beberapa bangunan teater dari abad ke-20, seperti Teater Akademik Nasional Kiev Operetta dan Teater Drama Akademik Nasional Ivan Franko.

Selain itu, kompleks bangunan mewah di Kiev merupakan lokasi menarik untuk dikunjungi bagi para penikmat arsitektur. Salah satunya adalah The House with Chimeras yang bagian fasadnya dihiasi dengan atribut berburu, makhluk dongeng, dan fauna air.

sumber: thedailybeast.com

Bangunan lainnya adalah House of the Weeping Widow, yang merupakan bangunan dengan ciri khas Art Nouveau dari abad ke-20. Fasadnya dimahkotai dengan hiasan kepala wanita, didesain sedemikian rupa sehingga saat hujan, tetesan air mata mengalir secara simetris di bawah matanya seperti sedang menangis.

Tak hanya itu, arsitektur beberapa universitas di kota ini juga menawarkan keindahan tiada tara. Salah satunya adalah bangunan utama Universitas Nasional Taras Shevchenko Kiev, yang dibangun dengan gaya Klasisisme Rusia.

Kampus lain yang menjadi tujuan favorit penduduk lokal dan turis adalah kampus Institut Politeknik Kiev Igor Sikorsky, yang dibangun pada tahun 1898. Arsitekturnya yang mempesona, dihiasi dengan elemen arsitektur Romawi-Gotik. Karena itu, bangunan ini sering disebut sebagai Hogwarts Ukraina.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan