Memilih Sofa yang Tepat untuk Ruang Tamu Mungil

Rumah mungil tentu akan terbagi dalam ruangan-ruangan yang juga tak terlalu luas, termasuk ruang tamunya. Ruang tamu mungil sebaiknya tidak dipenuhi dengan banyak furnitur. Kehadiran sofa dan meja saja sudah cukup memenuhi fungsinya sebagai ruang tamu. Dan karena keterbatasan ruang, ukuran sofa yang dipilih pun sebaiknya mungil.

Model sofa seperti apa yang cocok diletakkan di ruang tamu yang kecil? Beberapa model sofa ini akan memberi inspirasi untuk mendesain ruang tamu mungil Sobat Ngopi.

Sofa Dua Dudukan

sumber: housebeautiful.com

Sofa dua dudukan adalah pilihan yang tepat. Ukurannya yang tidak terlalu besar cocok sebagai sofa ruang tamu kecil. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan model sofa dua dudukan dengan desain ruang tamu. Jika ruang tamunya bernuansa putih, gunakan sofa warna putih untuk menciptakan kesan ruang lebih luas dan clean.  

Agar ruangan terlihat sedikit lebih lapang, letakkan kedua sofa menempel di dinding. Jika tidak memungkinkan, sandarkan sofa yang berukuran paling besar. Karena ruangannya tidak terlalu luas, perhatikan agar peletakan sofa tidak menghalangi akses ke ruang-ruang lainnya.

Sofa L

sumber: fscooc.en.made-in-china.com

Sofa bentuk L juga cocok untuk ruang tamu kecil karena menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Sofa ini dapat memberi kesan terbuka pada ruang tamu sehingga ruangan akan terlihat lebih lengang. Sofa bentuk L juga menyediakan ruang yang cukup luas karena bisa menampung 4-5 orang. 

Sofa L sangat cocok ditempatkan di tengah ruang atau di area sudut sehingga mudah ditatanya. Sofa bentuk L juga bisa menjadi pembatas ruang jika ruang tamu terhubung langsung dengan ruangan lainnya.

Sofa Modular

sumber: ikea.co.id

Sofa modular adalah sofa yang dapat dipisah dan digabung sesuai keinginan. Sofa modular juga bisa dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan dan luas ruangan sehingga sangat fleksibel ditempatkan di mana saja, baik di tengah ruangan atau di area sudut. Jika menginginkan komposisi yang unik, gabung beberapa sofa modular dengan warna yang berbeda namun serasi. 

Sofa Single

sumber: furniturenow.net/

Sofa single tidak akan membuat ruangan menjadi padat meski ruang tamunya sempit. Cukup letakkan dua buah sofa saja di ruang tamu. Karena daya tampungnya sedikit, siasati dengan memberikan karpet bulu, sehingga tamu yang tidak bisa duduk di sofa bisa duduk nyaman di karpet bulu.

Sofa Lipat

sumber: trendhunter.com

Sofa lipat bisa jadi pilihan yang tepat untuk ruang tamu sempit. Biasanya sofa lipat memiliki kerangka dari besi yang bisa dibongkar pasang layaknya sofa portable.

Sofa Kaki Tinggi

sumber: overstock.com

Sofa yang memiliki kaki pendek, terkesan besar, lebar, dan penuh. Sehingga, untuk ruang tamu sempit, siasati dengan memilih sofa berkaki tinggi. Dengan kaki yang tinggi, membuat sofa terlihat lebih jenjang, dan memiliki kolong yang luas.

Tinggalkan Balasan