Menara Seni Ini Keren Banget, Dilapisi 11.000 Panel Baja Antikarat

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemenang penghargaan arsitektur Pritzker, Frank Gehry, baru saja mengumumkan keterlibatannya dalam pembangunan sebuah menara unik dari baja di pusat seni Luma Arles, Perancis Selatan. Bangunan tersebut dinamakan The Tower, merupakan bangunan berbalut baja tahan karat dan pusat dari kampus seni Luma Arles di kota Arles.

Bangunan ini dibuka untuk publik secara resmi mulai Minggu (27/06/2021). Menurut Gehry, desain gedung ini terinspirasi pada peninggalan amphiteater Romawi di Arles, juga pegunungan dan lukisan “Malam Berbintang” karya Vincent van Gogh.

“Kami ingin menampilkan hal-hal sekitar. Dari Malam Berbintang Van Gogh hingga gugusan batu yang menjulang tinggi yang Anda temukan di wilayah ini. Di sini juga masih berdiri amphiteater milik bangsa Romawi,” kata Gehry.

sumber: dezeen.com

Menara seni setinggi 56 meter ini berisi beberapa ruangan seperti galeri pameran, arsip, perpustakaan, kantor, ruang seminar, dan kafe. Dilapisi 11.000 panel baja tahan karat yang tersusun tidak beraturan, menara khusus ini akan menjadi bagian tenggara bagi pusat seni Luma Arles.

“Langit Arles akan berisi bangunan dari zaman kuno, abad pertengahan hingga saat ini. Gedung baru ini akan membuat Luma Arles sebagai situs penting di antara landmark kota lainnya,” tutur Gehry.

Menara seni berdiri di atas bangunan kaca silinder yang mengingatkan pengunjung pada Arles Amphitheatre, yang masih berdiri kokoh di tengah kota.

“Seperti arena, skala dan bentuk mirip dengan drum mencerminkan pengaruh perencanaan Romawi kuno yang menjadi fondasi Arles,” kata Gehry.

Menara ini didirikan di bekas rel kereta api seluas 27 hektar yang dibiarkan kosong pada tahun 1986. Kemudian, tempat itu diubah menjadi Luma Arles, didanai oleh sumbangan € 150 jutadari Hoffmann.

Seiring dengan pusat desain Gehry, serangkaian bangunan industri di situs tersebut telah direnovasi oleh firma arsitek Selldorf yang berbasis di New York. Bangunan-bangunan ini, yang dulunya merupakan pabrik pembuatan kereta api, telah diubah menjadi ruang pameran, residensi seni pertunjukan, hotel, dan restoran.

Sebuah taman publik saat ini tengah dirancang oleh arsitek lanskap Belgia, Bureau Bas Smets. Nantinya akan diberi nama Parc des Ateliers dan dibuat untukk melengkapi kompleks tersebut.

Gehry adalah salah satu arsitek terkemuka di dunia. The Walt Disney Concert Hall di Los Angeles dan Museum Guggenheim di Bilbao adalah karya tangannya yang paling terkenal.

Tinggalkan Balasan