Mengenal Infinity Pool, Kolam Renang Romantis dan Instagramable

Belakangan ini semakin banyak hotel berbintang atau apartemen mewah yang memiliki infinity pool. Nah, sebenarnya kolam renang seperti apa sih infinity pool itu?

Infinity pool bukan berarti kolam renang dengan luas atau panjang yang tidak terbatas. Infinity pool adalah kolam renang yang menerapkan ilusi mata, sehingga terlihat seperti tidak terbatas atau tidak berujung.

Ilusi dimainkan dengan cara menghilangkan penampakan tembok di salah satu sisi kolam agar tidak ada batasan kolam yang tertangkap oleh mata. Tembok tak terlihat itu juga memiliki tinggi yang lebih rendah dari permukaan air, sehingga air terlihat terus mengalir dan menyatu dengan latar di baliknya.

foto: booking.com

Latarnya bisa berupa langit maupun laut, sehingga jika dilihat dari sudut pandang tertentu, air di kolam renang akan terlihat seperti menyatu dengan langit maupun laut yang tak terbatas. Ilusi ini menjadi alasan penempatan infinity pool yang biasanya dibuat di atas atap bangunan, tepi pantai, atau tempat-tempat lainnya yang tidak memiliki unsur-unsur penghalang di latarnya.

Air yang mengalir dari sisi kolam nantinya akan ditangkap di sebuah bak di balik sisi kolam renang. Bak ini biasanya lebih pendek dan memiliki pompa untuk memompa sisa-sisa air yang terjatuh.

Pada dasarnya infinity pool sama seperti kolam renang pada umumnya dan tidak berbahaya. Hanya saja, tetap awasi dan perhatikan anak-anak yang bermain di infinity pool agar tidak melompati sisi kolam tanpa tembok.

foto: arda-karyawijaya.com

Nah, kalau Sobat Ngopi ingin membangun infinity pool, hal pertama yang harus diperhatikan adalah ke arah mana lanskap kolam akan menghadap. Kalau terdapat banyak gangguan dan penghalang, ilusi tak terbatas akan sulit didapatkan.

Selain itu, perhatikan juga bak yang akan menampung air yang terjatuh. Bak tersebut perlu berada lebih rendah dari kolam agar tidak mengganggu ilusi, tapi tidak terlalu jauh agar tidak gagal menangkap air yang jatuh.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan