Mengusung Kearifan Lokal, Desain Jakarta International Stadium Terinspirasi Budaya Betawi

Desain bangunan Jakarta International Stadium (JIS) bakal mengusung budaya asli Betawi. Dengan demikian, nilai kearifan lokal tersebut akan menjadi nilai plus dari stadion yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara, ini.

Melansir dari unggahan akun resmi Instagram PT Jakarta Propertindo (Jakpro), @jakprogroup, JIS terinspirasi dari ikat kepala Betawi dan ornamen gigi balang. Ikat kepala Betawi yang berbentuk kain bermotif batik melingkar tersebut akan ditransformasikan dalam desain bangunan utama stadion.

Nantinya jika telah terbangun utuh, sekilas akan terlihat seperti mangkok yang tidak terputus dengan bentuk dasar lingkaran. Lalu, pada bagian depan bangunan bakal memiliki lubang-lubang kecil yang terinspirasi dari ornamen khas Betawi yaitu gigi balang.

sumber: instagram.com/jakprogroup

Sementara, fasad perforasinya jika ditilik dari kejauhan juga akan tampak membentuk seperti corak harimau. Di sisi lain, pada jalur penghubung di sisi barat dan timur stadion bakal terdapat ornamen budaya Betawi lainnya.

Beberapa desain plafon pada bagian dalam bangunan seperti halnya di ruangan media dan ruangan konferensi pers juga akan menerapkan ornamen serupa.

Seperti diberitakan sebelumnya, memasuki pekan ke-115 pengerjaan JIS sudah pada tahapan penyelesaian 52 corporate box dan pemasangan kursi penonton.

Stadion berkapasitas 82.000 orang ini juga menerapkan konsep green building atau ramah lingkungan dan keberlanjutan. Per akhir November atau awal Desember ini, ditargetkan terpasang kurang lebih 25.000 kursi, yang semuanya single seat atau satu penonton satu tempat duduk.

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai pelaksana proyek JIS mempersiapkan pembangunan stadion milik warga DKI Jakarta secara simultan. Pembangunan ditargetkan rampung pada 2022 mendatang.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan