Munculkan Nuansa Etnik dengan Pengaplikasian Kain Batik pada Interior Rumah

Kain batik bukan hanya bisa digunakan untuk bahan pakaian, tapi juga sebagai interior rumah. Dengan penggunaan kain batik pada beberapa elemen akan memunculkan nuansa etnik yang unik dan menarik. Apalagi, dengan setiap daerah di Indonesia memiliki motif batik sendiri, Sobat Ngopi bisa berkreasi sesuai dengan selera, desain, dan furnitur yang ada.

Barang-barang interior apa saja yang bisa diaplikasikan menggunakan kain batik, dan motif apa yang cocok? Berikut lima di antaranya, seperti yang dilansir dari rumah.com:

Pelapis Sofa dan Bantal Sofa

sumber: instagram.com/melani.sabrina

Jika ingin para tamu terkesan, menggunakan motif batik pada kain pelapis sofa (upholstery) dan bantalnya (cushion) bisa jadi pilihan yang tepat. Yang perlu diingat, porsi penggunaan batik tidak boleh berlebihan. Pilihan motifnya bisa batik Ukel dan Megamendung. Motif ini juga cocok untuk sofa semi outdoor.

Hiasan Dinding

Kain batik juga bisa digunakan sebagai hiasan dinding. Caranya, potong kain batik dengan ukuran yang sama dengan pigura, lalu pajang di dinding layaknya lukisan. Selain itu, bisa juga memahat kayu dengan motif batik untuk dijadikan pajangan 3 dimensi yang unik.

Pembatas atau Hiasan Ruangan

Jika memiliki kain batik yang belum dijahit, tinggal digantungkan pada batas ruangan yang tidak memiliki pintu ataupun partisi. Cara lain, bisa juga menggantung kain batik di atas tempat tidur sebagai pemanis ruangan.

Lampu Tidur

Lampu tidur yang bermotif bisa memberikan suasana relaks di kamar tidur, termasuk motif batik. Lampu tidur bermotif batik seperti itu ada yang menjualnya di toko batik. Tapi jika ingin membuatnya sendiri, caranya tidak terlalu sulit, kok. Sediakan saja gelas kaca dan kain tipis bercorak batik. Lalu, potong kain dengan membentuk pola yang sesuai untuk menutup gelas, dan tempelkan. Setelah itu, pasang lilin kecil di dalamnya, nyalakan, dan lampu bermotif batik siap menemani waktu tidur.

Taplak Meja

Pengaplikasian kain batik yang paling mudah adalah menjadikannya taplak meja. Taplak bermotif batik memberikan kesan etnik nan elegan pada ruang tamu, juga memiliki nilai estetika yang tinggi.

Tinggalkan Balasan