Nggak Perlu Pencet-Pencet, Pakai Toilet Umum Ini Tinggal Beri Perintah Lewat Suara

Sebuah toilet berukuran setengah lingkaran dibangun di Nanago Dori Park, Shibuya Tokyo, Jepang. Toilet berwarna putih dan berteknologi tinggi ini bernama Hi Toilet, yang dirancang oleh desainer asal Jepang Kazoo Sato dan bekerja sama dengan studio arsitektur TBWA\Hakuhodo Disruption Lab.

Dilansir dari tbwahakuhodo.co.jp, Hi Toilet dapat dioperasikan menggunakan perintah suara untuk mengontrol setiap fungsi di toilet mulai dari pintu, toilet flush, keran dan musik ambient.

Konsep Hi Toilet ini juga sekaligus merespons kekhawatiran terhadap penyebaran dan penularan virus Covid-19. Hi Toilet didesain dengan tanpa banyak tombol sentuh dan kontak di dalamnya.

sumber: kompas.com (Satoshi Nagare, Nippon Foundation)

Perintah suara memungkinkan pengguna untuk membuka dan menutup pintu, menyiram, mengaktifkan cuci tangan, bahkan memutar musik.

“Dengan teknologi ini, toilet Kazoo bertujuan untuk memberikan rasa nyaman, bersih dan menyenangkan,” kata Kazoo seperti dikutip tbwahakuhodo.co.jp.

Sementara dilansir dari dezeen.com, Hi Toilet dibangun dengan bentuk hemispherical, yang dipilih untuk meningkatkan aliran udara di dalam ruangan. Terdapat sistem ventilasi 24 jam yang juga dapat membantu mencegah timbulnya bau tidak sedap.

Setiap pengguna yang memasuki toilet akan disambut oleh pesan pemberitahuan otomatis yang menjelaskan bahwa Hi Toilet dapat dioperasikan menggunakan suara.

sumber: kompas.com (Satoshi Nagare, Nippon Foundation)

Kazoo menggunakan Washlet berteknologi tinggi, yang merupakan produk terbaik dari pabrikan toilet asal Jepang Toto. Washlet mencakup nozel jet air pembersih dan tutup otomatis.

Hi Toilet adalah bagian dari “The Tokyo Toilet” yang merupakan proyek yang membangun sebanyak 17 toilet umum dengan ragam inovasi, desain, dan kreativitas. Proyek tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman berbeda dan merubah persepsi tentang buruknya kondisi toilet umum.

Hi Toilet menjadi toilet yang ke-12 yang telah dibangun dalam proyel tersebut. Keberadaan Hi Toilet tentu saja melengkapi toilet umum yang telah dibangun sebelumnya.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan