On The Rocks, Hunian Unik Dibangun di Atas Bebatuan Berselimut Salju

Mendirikan bangunan di daerah berbatu berlapis salju bukan lagi hal yang mustahil. Seperti hunian unik berupa tempat peristirahatan bernama On The Rocks ini, yang merupakan karya studio arsitektur asal Lebanon, Karim Nader Studio.

Lokasi bangunan ini berada di Faqra, Lebanon, yang merupakan lokasi berdirinya puluhan resor ski. Bukan hanya unik, tempat peristirahatan ini memperlihatkan kesan yang dramatis dengan bebatuan berwarna abu-abu di sekitarnya.

Pengunjung yang menginap di On The Rocks bisa menikmati pemandangan indah area ski, lembah, dan juga kota Beirut. Seperti dilansir designboom.com, tim arsitektur memang mendesain bagian eksterior rumah ini agar menyatu dengan lansekap sekitar.

sumber: instagram.com/diamrad

Dinding bangunan menggunakan panel dinding beton, sehingga menghasilkan warna abu-abu alami.

Setiap ruangan di dalam rumah terdiri dari beberapa bagian berbeda dan dihubungkan dengan floating roof atau atap melayang. Bagian atap ini berfungsi untuk menutup ruang interstisial antara ruang pribadi dan area sosial yang transparan dan tampak dari luar.

Meskipun berada di lokasi yang dingin, setiap ruangan di hunian ini sangat hangat karena dilapisi kayu dan menciptakan dinding ganda, namun tak melebihi standar ketebalan kontemporer.

sumber: instagram.com/diamrad

Sementara itu, bagian atap membentang horizontal untuk melindungi area fasad. Fasad ini nantinya memungkinkan para penghuni untuk berada di luar ruangan selama musim semi, musim panas, dan musim gugur.

Untuk masuk ke hunian ini, pengunjung bisa masuk dari sisi barat melalui tangga yang berkelok-kelok di sekitar bebatuan, dan disambut di area ruang tamu.

Sementara, sudut tenggara rumah ini dibangun menyatu dengan formasi batuan melingkar dan menjadi area untuk menghangatkan diri, serta teras untuk melakukan berbagai aktivitas.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan