Ruang Kosong di Bawah Tangga Bagusnya Dibikin Apa, Ya?

Area kosong di bawah tangga sering kali luput dari perhatian. Padahal, bagian bawah tangga yang kosong itu bisa dijadikan ruang fungsional jika ditata secara efektif dan efisien. Area kosong di bawah tangga disulap menjadi ruang apa saja sesuai kebutuhan Sobat Ngopi. Berikut beberapa alternatif ruang tambahan di bawah tangga.

Tempat Penyimpanan (Storage)

sumber: woodsmithplans.com

Sudah cukup umum menjadikan ruang kosong di bawah tangga sebagai storage atau tempat penyimpanan barang. Namun, agar terlihat lebih cantik, jangan menumpuk begitu saja barang-barang di bawah tangga, tapi dibuatkan laci atau rak built-in sesuai ukuran tangga. Karena area kolong tangga sering jadi sarang kecoa ataupun tikus, jangan lupa beri kamper atau kapur pengusir binatang pengerat.

Kamar Tidur

sumber: rockindeco.com

Jika area bawah tangga cukup luas, maka bisa dibuat menjadi kamar tidur. Bila sewaktu-waktu ada kerabat menginap, kamar tersebut bisa dimanfaatkan sebagai kamar tidur tamu tambahan. Jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu area bawah tangga, lalu tata kasur busa atau kasur lantai yang sesuai dengan ukuran area bawah tangga.

Ruang Belajar atau Bekerja

sumber: homedoo.com

Area kosong di bawah tangga juga bisa diisi dengan meja built-in. Meja tersebut bisa dimanfaatkan sebagai meja belajar, meja kerja, atau untuk sekadar membaca buku.

Toilet/Kamar Mandi

sumber: myersconstructs.com

Area kosong di bawah tangga juga bisa dijadikan toilet atau kamar mandi tambahan. Untuk kamar mandi, sebaiknya tidak menggunakan bak, melainkan shower atau pancuran.

Tinggalkan Balasan