Sempurnakan Dekorasi dengan Aplikasi 4 Jenis Pencahayaan Ini

Keberadaan lampu di rumah bukan cuma untuk menerangi ruangan saja, tapi juga memiliki unsur dekoratif. Karena itu, pencahayaan rumah jangan sekadar terang, tapi juga diperlukan permainan cahaya yang berbeda di bagian rumah yang berbeda pula. Pencahayaan yang dekoratif dan estetis akan membuat desain rumah Sobat Ngopi makin cantik.

Namun, untuk mengaplikasikan permainan cahaya memang bukan hal yang terbilang mudah. Setiap lampu memiliki fungsi dan tempatnya sendiri. Untuk itu, yuk kenali dulu jenis-jenis pencahayaan untuk tahu jenis lampu dan warna cahaya yang sesuai, dan juga penempatannya, seperti dilansir dari rumah.com.

General Lighting

sumber: osram-latam.com

General Lighting atau dikenal juga sebagai ambient lighting merupakan pencahayaan untuk keseluruhan ruangan. Pencahayaan jenis ini harus bisa membuat penghuni melihat segala sesuatu di ruangan dengan sejelas-jelasnya.

General lighting dapat menggunakan lampu gantung, down light, chandelier, lampu langit-langit, dan lain-lain. Luas, warna, dan dekorasi ruangan akan mempengaruhi intensitas cahaya yang diperlukan. Ada baiknya menggunakan beberapa lampu yang dilengkapi dengan dimmer, sehingga intensitas cahaya dapat diatur berdasarkan kebutuhan.

Decorative Lighting

sumber: larsalighting.com

Decorative Lighting atau focal lighting memerlukan lampu yang memiliki bentuk menarik sekaligus memberi karakter bagi ruangan yang diteranginya. Pencahayaan jenis ini bisa diperoleh lewat lampu gantung, chandelierlight strip, atau lampu dinding. Pencahayaan dekoratif juga bisa digunakan sebagai general lighting.

Task Lighting

sumber: houzz.com

Task lighting atau pencahayaan terarah adalah pencahayaan yang dibuat untuk tujuan tertentu. Task lighting akan memberikan lebih banyak cahaya pada area tertentu dan cahaya sekitarnya.

Jenis pencahayaan ini didapat dari lampu meja atau lampu gantung di langit-langit. Sebuah lampu meja di ruang kerja bisa memberikan pencahayaan tambahan yang diperlukan untuk membaca atau bekerja.

Accent Lighting

sumber: mullanlighting.com

Accent Lighting mirip dengan task lighting, tapi mampu menghadirkan nuansa berbeda melalui bentuk-bentuk visual yang menarik. Biasanya pencahayaan ini khusus menyorot bagian tertentu di ruangan, seperti lukisan, ukiran, tanaman hias, pajangan, dan barang berharga lainnya. Accent Lighting bisa juga dibuat untuk menonjolkan tekstur dinding atau tirai.

Pencahayaan jenis ini setidaknya memerlukan tiga kali lebih banyak cahaya pada titik fokus dibanding pencahayaan di sekitarnya. Accent lighting dapat menggunakan track light, lampu canister, atau lampu dinding untuk membuat pencahayaan beraksen.

Tinggalkan Balasan