Terinspirasi Kehidupan Gorila, Rumah Ini Ditumbuhi Pohon Bagaikan Hutan

Perjalanan di Afrika membuat arsitek Jepang, Suzuko Yamada, terinspirasi untuk membuat rumah bernuansa natural. Rumah uniknya tersebut ditumbuhi pohon yang rantingnya menjuntai-juntai, seperti habitat gorila di gunung yang ada di sebuah hutan di Rwanda. Kehidupan keluarga gorila di sana mencetuskan ide untuk membuat desain rumah yang erat dengan alam.

Rumah tiga lantai itu terlihat mencolok sekaligus rumit dibandingkan dengan rumah-rumah lain di sekitarnya. Bagian depan rumah dihiasi dengan pipa baja yang dirancang dengan fleksibilitas. Eksterior tersebut terinspirasi dari kehidupan gorila yang sedang mencari tempat tinggal sementara.

sumber: archdaily.com

Ada juga tangga yang melingkar di depan rumah, yang dihiasi dengan tanaman hijau untuk menjaga udara tetap sehat meski rumahnya berada di perkotaan. Pohon dan tanaman yang tumbuh di bagian depan rumah Yamada juga bisa dimakan atau dipanen. Selain itu, tanaman-tanaman tersebut menutupi ruang bagian dalam, sehingga privasi keluarganya tetap terjaga.

Bagian dalam rumah dirancang dengan terbuka tanpa banyak dinding yang memisahkan ruang. Sebagai gantinya, digunakan kayu, pipa baja, bingkai jendela, tangga, dan semua bahan yang ada di rumah. Desain seperti itu terinspirasi dari kehidupan di hutan, yang tanpa tembok dan langit-langit.

sumber: essessltd.com

Ruangan-ruangan di rumah Yamada pun bersifat semi publik. Tidak ada sekat antara ruang makan dan dapur. Para tamu dari teras bahkan bisa langsung menuju kedua area tersebut. Untuk memberi batas antara ruang tamu dan ruang makan hanya ditambahkan kayu dan tangga.

Area semi publik tersebut rupanya dibuat karena keluarga Yamada sangat senang menyambut teman-teman di rumah dan memasak bersama para tamunya.

sumber: archdaily.com

Yamada banyak menggunakan kayu dan baja dalam membangun rumah karena daya tahan dan efektivitas biaya. Kayu juga berfungsi untuk menambah kehangatan pada interior di dalam rumah yang terasa seperti rumah pohon.

Tinggalkan Balasan