The Leaf House: Rumah Unik Berkanopi Daun Beton

Sebuah rumah tinggal di daerah pesisir Alibaug, India, ini bentuknya sangat unik. Bukan beratap genteng tanah liat seperti rumah pada umumnya, rumah bernama The Leaf House ini bagian atasnya dilengkapi dengan kanopi dari beton berbentuk daun.

Rumah karya studio SJK Architects ini memiliki lima ruang dengan bangunan pod terpisah. Masing-masing kanopi ditopang oleh pilar baja miring, dan dibuat untuk menaungi masing-masing bangunan pod tersebut. Empat bangunan pod dikeliling kaca, sementara satu pod dibiarkan terbuka.

sumber: dezeen.com

Masing-masing pod yang diteduhkan oleh daun beton tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kelima bangunan pod tersebut digunakan sebagai ruang tamu, dapur, kamar anak, dan kamar tidur utama. Kamar anak dan kamar utama memiliki halaman privatnya sendiri.

Sebenarnya, daun-daun yang ada di dalam area rumah ini berjumlah tujuh daun. Lima daun menaungi lima pod berbeda, sementara dua daun lainnya menaungi ruang terbuka di area rumah ini. Di sekitarnya dipenuhi dengan pohon kelapa, mangga, dan berbagai pohon besar lainnya.

sumber: dezeen.com

Berada di kaki bukit, suasana yang terasa di The Leaf House memang terlihat seperti di hutan tropis di Asia. Bangunan berukuran 650 meter2 yang berdiri di atas tanah seluas setengah hektare ini dikelilingi kolam renang dan kolam bunga lili. Bentuk kanopi dan kehadiran kolam-kolam ini membuat suasana terasa sejuk dan teduh.

Dinding kaca dan pintu kayunya menyegel dinding bangunan The Leaf House. Bentuk atap yang melengkung dan penataan yang tidak simetris justru membuat perputaran udaranya maksimal, dan cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah dengan mudah.

sumber: dezeen.com

Rumah ini dibangun sebagai eksplorasi alam. Pemilik The Leaf House ingin membuat dan tinggal dalam hutan buatan berbentuk daun-daun beton. Lingkungan yang tenang dan alami sangat nyaman untuk tinggal di dalamnya bersama keluarga.

Tinggalkan Balasan