Tips Mendesain Interior Apartemen Tipe Studio

Apartemen tipe studio adalah apartemen yang terdiri dari hanya satu kamar, ditambah dengan kamar mandi. Satu kamar tersebut merupakan ruangan yang multifungsi, yang bisa digunakan sebagai kamar tidur, ruang tamu, bahkan dapur. Biasanya, harga apartemen tipe studio lebih terjangkau dan memiliki utilitas yang rendah, serta luas sekitar 20-35 m2.

Apartemen tipe studio memiliki kelemahan dengan ruangannya yang terbatas, sehingga seringkali terlihat sempit dan tidak nyaman untuk dihuni. Namun, ukuran apartemen studio yang kecil sebenarnya bisa disiasati agar tidak terlihat sempit. Bahkan, apartemen studio bisa dibuat menjadi hunian yang stylish dan cozy dengan tips dan trik artikel berikut ini.

Pilih Warna Terang

sumber: idesignarch.com

Pilih nuansa warna cat yang terkesan ringan dan terang. Pemilihan warna ini nantinya akan mengubah suasana di dalam apartemen, bahkan mempengaruhi ilusi mata yang memandangnya. Warna terang terkesan ‘menjauh’ sehingga membuat ruang terkesan besar dan luas.

Warna gelap terkesan ‘mendekat’ dan membuat ruangan terkesan sempit. Selain itu, warna gelap juga menyerap cahaya. Hal ini harus diperhatikan, terutama jika apartemen studio hanya sedikit sekali mendapat cahaya alami di siang hari. Contohnya, pilih warna putih untuk interior ruangan dan gunakan warna coklat muda untuk perabotnya.

Pilih Perabot yang Ringan

sumber: decoist.com

Pilih perabot yang sederhana dan ringan agar tercipta kesan ruangan yang luas, terbuka, dan terang. Bisa juga memilih material yang memantulkan cahaya atau tembus pandang, seperti HPL (High Pressure Laminate), kaca, dan aluminium. Maksimalkan juga penggunaan rak-rak penyimpanan yang ada.

Tambahkan Cermin

sumber: booking.com

Penggunaan cermin juga bisa digunakan untuk menimbulkan ilusi ruangan yang lebih luas. Semakin besar ukuran cermin, maka semakin besar pula ilusi yang ditampilkan. Selain itu, pemakaian cermin juga bisa memantulkan cahaya yang membuat ruang dalam apartemen terlihat lebih terang.

Tinggalkan Balasan