Uniknya Rumah Pipa di Rusia, Selongsong Tanpa Sambungan Berlapis Baja Tahan Karat

Seorang desainer asal Rusia Sergey Kuznetsov bekerja sama dengan KROST untuk merancang hunian bertema ‘klasik Rusia’, yaitu sebuah hunian yang dibangun dengan bentuk menyerupai pipa yang mencerminkan lanskap sekitarnya.

Paviliun berlapis baja tahan karat ini mulai diperkenalkan di Festival Archstoyanie, yang diadakan di taman seni Nikola-lenivets, wilayah Kaluga, Rusia. Proyek ini mengambil bentuk bangunan tempat tinggal lengkap dengan semua kenyamanan modern, mulai dari dapur, kamar mandi, dan kamar tidur.

Salah satu fitur utama dari proyek ini adalah selongsong tanpa jahitan yang terbuat dari lembaran baja tahan karat dengan tebal 4 milimeter. Di bawahnya terdapat sistem untuk mengalihkan suara gendang hujan.

sumber: photoivanov.com

Sementara itu, interiornya bergaya modern menggunakan kayu dan logam. Kamar tidur dilengkapi dengan semua yang diperlukan untuk menginap dengan nyaman.

Proyek ini adalah contoh arsitektur modern yang menggabungkan bahan dan teknologi berkualitas tinggi, dengan solusi luar biasa.

“Nikola-lenivets adalah tempat di mana alam, seni, dan bakat menciptakan keajaiban nyata. Saya berterima kasih kepada kurator Archstoyanie atas kesempatan untuk menjadi bagian dari proses yang luar biasa menarik ini,” kata Sergey.

sumber: photoivanov.com

“Tampaknya menarik bagi saya untuk membuat pernyataan tentang apa yang dianggap kesempurnaan dalam arsitektur Rusia saat ini dan untuk menunjukkan bahwa hal-hal berkualitas tinggi dapat dilakukan dalam jumlah besar di negara kita,” imbuh dia.

Struktur berbentuk pipa ini memiliki diameter 3,5 meter dan panjang 12 meter.

Rumah pipa itu ditempatkan di medan yang miring, karena itu strukturnya terlihat seperti menggantung di udara. Untuk membuatnya, digunakan teknik rekayasa kompleks yang biasanya digunakan dalam pembuatan kapal.

sumber: photoivanov.com

Misalnya, kerangka bangunan dibentuk dari tulangan penyangga seperti badan kapal, dan bobot yang mengesankan sekitar 12 ton dijaga keseimbangannya hanya dengan enam baut.

Dasar dari rangka logam terdiri dari rangka melintang, tulang rusuk yang menahan beban dipasang pada jarak 500 milimeter relatif satu sama lain, dan dihubungkan dengan menggunakan senar (panduan horizontal).

Karena insulasi busa poliuretan di dalam paviliun, kondisi suhu yang nyaman akan dipertahankan sepanjang tahun.

“Bangunan ini adalah contoh nyata ketika ide-ide berani dan orisinal diimplementasikan oleh kemampuan kompleks industri dan teknologi modern,” kata direktur umum KROST.

sumber: properti.kompas.com

Tinggalkan Balasan