Vertical Glass House: Rumah Beton Berlantai Kaca Tanpa Jendela

Bagaimana rasanya tinggal di rumah yang tidak memiliki jendela? Pasti pengap, suram, dan sumpek sekali. Tapi sepertinya kesan seperti itu tak muncul dari bangunan bernama Vertical Glass House ini. Rumah dari beton yang menjulang vertikal ini memiliki keunikan dengan semua lantainya terbuat dari kaca, dan tak ada satu jendela pun.

Yung Ho Chang dari Atelier FCJZ awalnya merancang Vertical Glass House sebagai prototipe perumahan perkotaan untuk Shinkenchiku Residential Design Competition yang dihelat Japan Architect Magazine pada tahun 1991. Sang arsitek pun menerima penghargaan Honorable Mention untuk proyek tersebut.

sumber: fcjz.com

Dua puluh dua tahun kemudian, Atelier FCJZ mampu mewujudkan proyek tersebut dengan membangunnya menjadi salah satu paviliun tetap West Bund Biennale of Architecture and Contemporary Art di Shanghai.

Berdasarkan desain aslinya, rumah berlantai empat ini memiliki atap kaca, yang menjadi jalan masuk pencahayaan yang berasal dari sinar matahari. Selain itu, terdapat juga lubang-lubang cahaya di dinding. Bangunan yang dari luar terlihat seperti bunker ini pun area dalamnya tetap saja terang.

sumber: fcjz.com

Selain itu, berada di dalam rumah unik ini tidak akan berasa pengap dan panas karena bangunannya sudah dilengkapi dengan sistem pendingin udara atau AC.

Semua lantai di dalam gedung ini terbuat dari kaca setebal 7 cm. Orang yang berada di dalamnya bisa melihat apapun yang ada di atas dan di bawahnya. Tak hanya itu, semua ruangan juga berdinding kaca, termasuk kamar mandi dan toilet.

sumber: fcjz.com

Setiap bagian rumah berada di lantai yang berbeda. Transparansi vertikal secara visual menghubungkan semua utilitas, saluran air dan pembuangan, dan perabotan pada tingkat-tingkat yang berbeda. Semua furnitur dirancang khusus untuk kamar-kamar di dalam Vertical Glass House agar sesuai dengan konsep desain aslinya, juga dengan struktur bangunan dan tangganya. Pendingin udara ditambahkan ke rumah

Bukan sekadar unik, Vertical Glass House memiliki makna spiritual. Dengan dinding tertutup dan lantai dan atap transparan, posisi rumah pun terbuka ke arah langit dan juga bumi, memposisikan penghuninya tepat di tengah, dan menciptakan tempat untuk meditasi.

Vertical Glass House sekarang berfungsi sebagai wisma bagi seniman dan arsitek yang berkunjung untuk mencari inspirasi.

Tinggalkan Balasan