4 Jenis Material Ini Umum Digunakan untuk Membangun Dinding, Mau Pilih yang Mana?

Dinding merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam sebuah bangunan. Berfungsi sebagai pembentuk dan pemisah ruangan, serta pelindung bangunan dari panas matahari dan hujan, material pembentuk dinding wajib diperhatikan.

Ada beberapa jenis material dinding yang dapat digunakan. Setiap material dapat diaplikasikan dengan keunggulan dan manfaatnya masing-masing. Berikut ini empat di antara material dinding yang umum digunakan.

Batu Bata

sumber: ubuy.co.id

Material batu bata paling banyak digunakan pada bangunan-bangunan di Indonesia karena sangat mudah didapatkan di pasaran dan harganya relatif murah. Keunggulan lainnya, dinding batu bata lebih nyaman, kokoh, dan sejuk. Dinding rumah yang terbuat dari batu bata merah juga tahan terhadap api dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

Batako

sumber: bukitbarisanbatako.blogspot.com

Batako banyak digunakan sebagai alternatif untuk menghemat biaya pembangunan rumah. Selain harganya lebih murah per meternya, dimensi yang lebih besar dan berlubang dapat menghemat 75 persen plesteran dan 50 persen beban dinding. Ukurannya yang besar membuat pengerjaannya pun lebih cepat.

Dinding rumah dari batako kuat dan kedap air, namun menyimpan panas. Oleh karena itu, tidak semua orang memilih material batako karena membuat hunian cenderung terasa pengap dan gerah. Selain itu, batako juga rentan terhadap guncangan, sehingga kurang aman jika terjadi gempa besar.

Bata Ringan/Hebel

sumber: corebuildservices.com.au

Bata ringan merupakan jenis beton ringan aerasi. Kelebihannya tentu saja bobotnya yang jauh lebih ringan dari batu bata ataupun batako. Bata ringan biasa digunakan untuk bangunan bertingkat untuk mengurangi pembebanan sehingga biaya pondasi menjadi lebih kecil.

Dimensi yang besar membuat pekerjaan dinding cepat selesai. Ukurannya yang presisi juga hanya membutuhkan speci yang sangat tipis. Kelebihan lainnya, bata ringan mampu menahan panas dan suara.

Dari segi harga, sampai saat ini bata ringan masih lebih mahal dari batu bata. Meski begitu, pekerjaan pemasangan yang cepat dapat menghemat upah tukang. Namun untuk dinding rumah, pemasangan bata ringan tidak mudah karena membutuhkan perekat dan cat khusus untuk melindungi dari air.

Kayu

sumber: moresuntimberframes.com

Material kayu banyak digunakan untuk rumah bergaya country, vila, rumah adat, ataupun studio musik. Kelebihan dinding kayu terletak pada tampilannya yang mampu menciptakan suasana yang hangat dan natural. Bagian dalam bangunan pun akan terasa lebih sejuk jika menggunakan dinding kayu.

Namun, perawatan kayu cukup sulit. Kayu lebih mudah lapuk jika terkena panas dan hujan, belum lagi serangan rayap untuk daerah tropis. Dari sisi harga, dinding dari material kayu juga relatif mahal.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan