Berkonsep Waterfront City, Rusun ASN Di Kalimantan Barat Keren Banget!

RumahComSalah satu program perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yaitu membangun rumah susun (rusun) untuk kalangan aparatur sipil negara (ASN), salah satunya untuk ASN di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Satu hal yang menarik, pembangunan rusun di wilayah ini dikonsep Waterfront City dengan memanfaatkan aliran Sungai Kapuas sehingga menambah nilai estetik bangunan.

Rusun dengan konsep Waterfront City ini dibangun menggunakan dana APBN dengan multiyears contrac (MYC) tahun anggaran 2020-2021 senilai Rp52,3 miliar. Menurut Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Barat Irsan Basalamah, rusun ini diperuntukan bagi ASN yang bertugas di wilayah Kalbar.

“Lokasi pembangunan rusun ini sangat representatif dan sangat strategis karena dekat dengan Bandar Udara Supadio, Kubu Raya Pontianak, yang sekitar 2 km. Selain itu posisinya yang berada di Sungai Kapuas menjadikan rusun ini memiliki nilai plus tersendiri dengan dibangun berkonsep Waterfront City,” ujarnya.

sumber: rumah.com

Rusun untuk ASN di Kalbar ini dibangun di Komplek Pengairan PU, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar. Rusun akan terdiri dari satu tower setinggi enam lantai dengan jumlah unit sebanyak 68 unit tipe 45 m2 yang cocok untuk digunanakan kalangan pekerja. Setiap unitnya sudah menyediakan dua kamar tidur, dapur, dan toilet.

Bukan hanya berkonsep waterfront, rusun untuk ASN ini juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti lift, aneka perabotan, dan berbagai sarana lainnya. Kawasannya juga akan dilengkapi dengan ruang terbuka hijau (RTH) dan berbagai fasilitas pendukung lainnya untuk kenyamanan penghuni.

Rusun ini akan dibangun oleh kontraktor PT Pubagot Jaya Abadi dan konsultan PT Widya KSO PT Sarana Budi. Saat ini progres pembangunan Rusun ASN di Kalbar ini telah memasuki tahap pekerjaan arsitektural. Sebelumnya pekerjaan struktur telah selesai dan telah mencapai tahap tutup atap (topping off).

“Targetnya akhir tahun 2021 ini rusun pertama untuk ASN yang dibangun di Provinsi Kalimantan Barat ini bisa menyelesaikan progres pembangunannya untuk segera diserahterimakan dan dihuni kalangan yang berhak. Harapannya tentu para pekerja di wilayah ini bisa lebih nyaman bekerja dan terus meningkatkan produktivitasnya karena untuk urusan huniannya sudah terpenuhi,” beber Irsan.

Tinggalkan Balasan