Bill dan Melinda Gates Cerai, Ini Daftar Gono-Gini Properti Mewah yang Harus Dibagi Dua

JAKARTA, KOMPAS.com – Bill Gates dan Melinda Gates bersepakat untuk mengakhiri hubungan pernikahan mereka yang telah berlangsung selama 27 tahun. Lewat akun twitter resminya, Bill Gates menuliskan informasi soal perceraiannya tersebut, Senin (03/05/2021).

Setelah banyak melakukan pertimbangan dalam hubungan kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami. Selama 27 tahun terakhir, kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa. Kami tidak lagi yakin kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan di fase kehidupan kami selanjutnya. Kami meminta ruang dan privasi untuk keluarga kami saat kami mulai menjalani kehidupan baru ini,” seperti dikutip dalam akun Twitter resminya.

Dilansir Forbes, Bill Gates merupakan orang terkaya keempat di dunia dengan harta mencapai US$ 130 miliar atau ekuivalen Rp 1.885 triliun. Dia menjadi orang terkaya dunia setelah Jeff Bezos, Elon Musk, dan Bernard Arnault.

Namun akibat perceraiannya itu, Bill dan Melinda Gates harus membagi dua harta kekayaan tersebut. Meski tidak memiliki perjanjian pra-nikah, tetapi pembagian harta gono-gini ini merupakan aturan wajib di negara mereka ketika seseorang memutuskan untuk bercerai.

Salah satu aset kekayaan milik Bill dan Melinda Gates adalah properti. Keduanya memiliki sejumlah rumah mewah senilai US$ 170 juta atau sekitar Rp 2,4 triliun. Selain itu, terdapat juga aset properti lainnya berupa hotel mewah. Berikut adalah harta milik Bill dan Melinda Gates dalam bentuk rumah mewah:

Beach House di Del Mar California Senilai Rp 618 Miliar

sumber: markets.businessinsider.com

Bill dan Melinda Gates memiliki sebuah properti bernama Beach House di Del Mar, California, Amerika Serikat senilai US$ 43 juta atau sekitar Rp 618 miliar. Rumah yang terletak di pingir pantai ini merupakan rumah mewah yang baru dibeli pada tahun 2020 lalu. Pembelian Beach House ini tercatat sebagai salah satu transaksi termahal di California.

Beach House mencakup enam kamar tidur dan empat kamar mandi mewah. Selain itu, rumah ini juga memiliki ruang teater khusus untuk menonton film. Terdapat pula ruang spa pribadi, lapangan tenis, kolam pemandian air panas berkapasitas 10 orang, dan kolam renang berlantai kaca.

Xanadu 2.0 di Washington Senilai Rp 862,9 Miliar

sumber: priceypads.com

Rumah bernama Xanadu 2.0 ini merupakan salah satu hunian terpopuler milik Bill dan Melinda Gates. Luasnya mencapai 6.131 meter persegi, dibeli Bill Gates sejak tahun 1988 seharga US$ 2 juta atau sekitar Rp 28,7 miliar. Meski demikian, Xanadu 2.0 diperkirakan mengalami peningkatan harga setiap tahunnya, bahkan mencapai US$ 2,75 juta.

Mengusung konsep alam, Xanadu 2.0 dibangun menggunakan material kayu. Tercatat, bangunan ini menghabiskan hampir setengah juta papan dan kayu. Selain itu, terdapat juga 500 pohon cemara yang ditanam di sekeliling rumah yang menghiasi setiap sudut pekarangan rumah.

Rumah Indian Wells di California Senilai Rp 179 Miliar

sumber: theodysseyonline.com

Properti Bill Gates selanjutnya adalah rumah Indian Wells yang terletak di Lembah Coachella, California, Amerika Serikat. Rumah ini dibelinya pada tahun 1999 dengan harga mencapai US$ 12,5 juta atau sekitar Rp 179 miliar.

Properti seluas 1.260 meter persegi ini meliputi enam kamar mandi, 11 kamar tidur, dan terletak hanya beberapa menit saja dari La Quinta Resort & Club.

Vila di Hobe Sound Florida Senilai Rp 72 Miliar

sumber: realtor.com

Bill dan Melinda Gates juga memiliki vila di Hobe Sound, Florida, Amerika Serikat, senilai US$ 5 juta atau sekitar Rp 71,8 miliar. Vila tersebut seluas 5,24 hektare, dilengkapi dengan dermaga kapal pesiar pribadi. Kabarnya, pada tahun 2013 lalu, Bill telah menjual vila tersebut dengan harga yang sama seperti harga beli, yaitu US$ 5 juta.

Rancho Santa Fe di California Senilai Rp 258 Miliar

sumber: realtor.com

Bill memiliki hunian bernama Rancho Santa Fe di California senilai US$ 18 juta atau sekitar Rp 258 miliar. Rancho Santa Fe juga merupakan hunian mewah dan lengkap. Di dalamnya terdapat perkebunan yang luas dan mencakup peternakan kuda. Bill membelinya pada tahun 2014 dengan tujuan menjadikan properti tersebut sebagai tempat putrinya, Jennifer, untuk berlatih dan mengembangkan hobinya sebagai berkuda.

Yellowstone Club, Big Sky, Montana

sumber: dirt.com

Yellowstone Club merupakan klaster super mewah di Montana, Amerika Serikat. Tak hanya Bill Gates, terdapat nama-nama selebritas beken seperti Tom Brady, Gisele Bundchen, Justrin Timberlake, dan Jessica Biel yang juga menjadi member Yellowstone Club. Meskipun tak diketahui berapa Bill menghabiskan biaya untuk membeli hunian ini, tetapi untuk menjadi anggota di klub bergengsi ini harus membayar US$ 300.000 atau sekitar Rp 4,2 miliar, dan biaya tahunannya US$ 37.000 (Rp 529 juta). Harga tersebut sebatas biaya keanggotaan saja atau tidak termasuk rumah atau huhian yang mereka miliki. Untuk harga kondominium di tempat ini adalah US$ 4 juta atau sekitar Rp 57 miliar. Sementara, untuk rumah satu keluarga dibanderol mulai dari US$ 5 juta atau Rp 71 miliar hingga US$ 25 juta atau Rp 357 miliar.

Tinggalkan Balasan