Bukan Cuma Gaji Pas-pasan, Ini Alasan Generasi Milenial Belum Punya Rumah

Generasi milenial adalah mereka yang lahir antara tahun 1980 sampai 1995. Artinya, di tahun 2021 ini, generasi milenial berada pada rentang usia 26-41 tahun. Namun di usia yang terbilang matang tersebut, rupanya masih banyak milenial yang belum punya rumah.

Jika alasannya keterbatasan dana, ternyata gaji pas-pasan bukan satu-satunya hambatan yang membuat generasi milenial belum memiliki rumah. Status belum menikah dan masih ingin merawat orang tua juga jadi alasan kuat lainnya mengapa generasi milenial menunda membeli properti.

Hal itu terungkap dalam consumer sentiment study H2 2021 yang dilakukan rumah.com. Country Manager Rumah.com Marine Novita menuturkan, banyak faktor yang memengaruhi keputusan seseorang sebelum membeli rumah.

sumber: shutterstock.com

“Dari survei yang kami lakukan, sebanyak 50 persen responden mengaku tidak memiliki cukup uang untuk membeli,” jelas Marine.

Sedangkan 40 persen lainnya, mengaku belum memiliki rumah karena belum menikah. Kemudian, sekitar 35 persen lainnya masih ingin merawat orang tua mereka.

Alasan lainnya, yakni sebanyak 30 persen mengaku belum menemukan lokasi rumah yang sesuai dan sebanyak 20 persen menilai harga rumah terlalu mahal. Selanjutnya, sebanyak 10 persen belum membeli rumah karena merasa tidak familiar dengan proses pembelian rumah dan 5 persen menganggap rumah keluarganya saat ini cukup untuk ditempati.

Marine menjelaskan, hampir sepertiga dari responden milenial yang disurvei mengatakan masih tinggal bersama dengan orangtua mereka.

“Dari jumlah tersebut, sekitar 4 dari 5 orang reseponden berniat untuk pindah ke rumah baru dalam satu tahun ke depan,” jelas Marine.

Kaum milenial memang menjadi sasaran para pengembang properti untuk menawarkan produknya karena dianggap masih dalam usia produktif dan telah memiliki penghasilan tetap.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan