Bukan Kota Biasa, IKN Dilengkapi Layanan Pendidikan dan Kesehatan Kelas Dunia

Ibu Kota Nusantara (IKN) bukanlah kota biasa yang berada di tengah rimba Kalimantan. IKN akan menjadi kota modern yang luar biasa karena dirancang untuk dapat memberikan layanan pendidikan dan kesehatan kelas dunia.

“Bukan kota biasa, tetapi kota rimba dengan pelayanan pendidikan dan kesehatan kelas dunia,” jelas Presiden Joko Widodo.

Jokowi mengatakan, pembangunan IKN tidak hanya diisi oleh kantor-kantor pemerintah, melainkan sebagai motor penggerak ekonomi baru.

foto: Antara

“Bukan hanya berisi kantor-kantor pemerintah, tetapi juga motor penggerak ekonomi baru,” tegas Jokowi.

Menurutnya, pembangunan di ibu kota baru yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur tersebut juga harus dijaga keberlanjutannya. Jokowi pun menuturkan, IKN juga dibangun bukan hanya bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), tapi juga tempat bagi para inovator dan wirausahawan.

Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN memang dibangun oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Namun selebihnya, sebesar 80 persen investasi swasta diundang untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan IKN.

Selain itu, Jokowi juga menyinggung keberlanjutan terkait program Reforma Agraria, Perhutanan Sosial, serta Sertifikasi Tanah dalam pidatonya tersebut.

“Saya tekankan, Reforma Agraria, Perhutanan Sosial, dan Sertifikasi Tanah harus terus dilanjutkan,” sambung Jokowi.

Ia melanjutkan, berbagai macam bantuan sosial akan terus dilanjutkan dengan sinergi dan data yang lebih baik. Program pelatihan dan bantuan untuk para pekerja juga akan terus dilanjutkan demi menjangkau nelayan, petani, buruh, pekerja informal, maupun penyandang disabilitas.

“Program-program ini menjangkau nelayan, petani, buruh, pekerja informal dan penyandang disabel,” tutupnya.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan