Dana Taperum Cair, PNS dan Pensiunan Bisa Beli atau Renovasi Rumah

Rumah.com – Dana Tabungan Perumahan (Taperum) bagi 367.740 PNS pensiun atau ahli waris telah dicairkan oleh BP Tapera bekerja sama dengan PT Taspen.

Seperti dikutip dari Kontan, sejak Bapertarum-PNS dibubarkan, Dana Taperum dikembalikan kepada PNS yang pensiun hingga bulan April 2019. Dana Taperum bagi PNS Pensiun ini ditransfer langsung ke rekening masing-masing yang tercatat dalam data PT Taspen (Persero), sehingga PNS Pensiun cukup tinggal di rumah saja.

sumber: videohive.net

PT Taspen mengelola dana dari PNS aktif sekitar 3,9 juta orang dan 2,81 juta PNS pensiun. Dana ini dapat dimanfaatkan oleh PNS, pensiunan dan ahli waris PNS untuk membeli rumah, merenovasi rumah atau membiayai rumah yang dibangun di atas tanah yang sudah dimiliki. Pada tahun ini, PT Taspen akan menyalurkan pembiayaan untuk 51.000 unit rumah sebagai initial project.

Mengacu kepada data Rumah.com Indonesia Property Market Index Q4 2020, Tren Harga (RIPMI-H) properti nasional pada kuartal ketiga (Q3) 2020 ini berada pada angka 111.2. Pencapaian ini naik 0,5% dibanding Q2 2020 (QoQ).

Secara tahunan, indeks ini memang mengalami penurunan. Namun peningkatan RIPMI-H secara kuartalan ini didorong oleh naiknya indeks pada segmen rumah tapak. RIPMI-H untuk rumah tapak berada pada angka 116,1, meningkat sebesar 1% (QoQ) sebelumnya dan 1,13% (YoY).

“Dilihat dari kisaran harga, pencarian terbesar di Rumah.com berasal pada kisaran harga Rp300 Juta hingga Rp750 Juta. Sementara itu, jika digabungkan, besarnya jumlah pencari hunian di kisaran harga di bawah Rp1,5 miliar mencapai 61% dari total pencari rumah di Rumah.com,” ujar Country Manager Rumah.com, Marine Novita.

Ia menambahkan, dukungan pemerintah melalui kebijakan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan geliat transaksi properti di masa pandemi ini.

Tinggalkan Balasan