Di Kota Ini Rumah Dijual Cuma Rp 17 Ribu, Loh! Mau Borong?

TEMPO.CO, Jakarta – Para pencari hunian murah bisa mengecek kota Sambuca di Sisilia, Italia. Di kota tersebut, rumah-rumah tua dijual dengan harga murah meriah. Satu rumah bisa dihargai hanya € 1 – € 2 atau setara Rp 17 ribu hingga Rp 34 ribu.

Adapun, penjualan rumah-rumah tua itu dilakukan pemerintah setempat untuk memastikannya tak terbengkalai tanpa pemilik. Per berita ini ditulis, total sudah ada 16 rumah terjual di Sambuca.

Di saat bersamaan, Sambuca menjadi destinasi utama baru di Italia karena banyak pelancong yang ingin berlibur ke sana sekaligus membeli hunian murah. Pemerintah Sambuca merespon hal tersebut dengan mempersiapkan hunian-hunian berikutnya yang akan dijual murah.

sumber: guidesicilia.com

Tak berhenti di situ, Pemerintah Sambuca juga berencana menjual tanah-tanah kosong yang tidak terpakai. Mereka berkata, ada banyak lahan di wilayah pinggiran yang bisa dibangunkan rumah.

Harganya bervariasi dengan harga termurah adalah € 500 atau setara Rp 8,5 juta.

“Ada banyak peminat asal Timur Tengah yang ingin membeli ruang-ruang terbuka di Sambuca. Mereka menginginkan ruang lebih untuk berkreasi dan mewujudkan inspirasinya, untuk membuat rumah sesuai yang mereka inginkan,” ujar Deputi Wali Kota Sambuca, Giuseppe Cacioppo.

Rumah-rumah yang dijual murah di Sambuca tidak dalam kondisi sempurna. Mayoritas bangunan ditawarkan dalam kondisi tua dan membutuhkan renovasi dalam jumlah besar.

Beberapa di antaranya bahkan masih menyimpan sisa-sisa furnitur dari penghuni sebelumnya. Walau begitu, kata Cacioppo, tak ada yang mengeluhkannya.

Satu rumah berukuran antara 50-120 meter persegi. Ada yang satu lantai, ada juga yang dua lantai. Mayoritas rumah memiliki taman kecil di dalamnya dan balkoni yang menghadap langsung ke padang hijau kota Sisilia.

Caccioppo menambahkan bahwa tingginya minat terhadap rumah-rumah tua di Sambuca akan membuat harga properti di Sisilia perlahan naik. Ia pun mulai menemukan berbagai tawaran yang ingin membli rumah di Sambuca dengan harga € 5000. Oleh karenanya, untuk penjualan berikutnya, ia juga akan melelang rumah-rumah tua di Sambuca.

“Mereka yang akan mengikuti lelang harus mendepositkan jaminan senilai € 5000. Jika mereka kalah lelang, deposit itu akan dikembalikan utuh. Jika menang, maka otomatis deposit itu menjadi uang jaminan,” ujar Caccioppo.

Mereka yang memenangkan rumah, kata Caccioppo, selanjutnya harus merenovasi rumah itu dalam tiga tahun. Dari 16 rumah yang terjual € 1, Caccioppo mengatakan baru empat di antaranya yang sudah berjalan renovasinya.

Walau begitu, ia mengatakan efek penjualan rumah tua itu sudah berdampak ke kota di selatan Italia itu, menghidupkan kembali kegiatan ekonomi di sana.

Tinggalkan Balasan