Fantastis! Perusahaan China Bangun Apartemen 10 Lantai Cuma Sehari

JAKARTA, KOMPAS.com – Umumnya dalam membangun sebuah apartemen berlantai 10, para pengembang membutuhkan waktu minimal satu tahun untuk menyelesaikannya. Namun, perusahaan China Broad Group baru-baru ini mengejutkan dunia dengan membangun sebuah gedung apartemen 10 lantai hanya dalam kurun waktu satu hari.

Apartemen yang dinamakan Living Building tersebut berlokasi di Changsha, China. Dalam video singkat yang dirilis oleh Broad Group menunjukkan apartemen tersebut didirikan melibatkan sejumlah besar pekerja dan tiga alat derek.

Berdasarkan catatan waktu, semuanya bisa selesai dalam waktu 28 jam dan 45 menit saja. Menurut perusahaan tersebut, pembangunan ini mencatatkan rekor baru yakni “waktu konstruksi terpendek di dunia” untuk bangunan skala bangunan blok 10 lantai.

sumber: en.broad.com

Bila diteliti, proses pembangunan tersebut berbeda dengan pembangunan gedung seperti biasanya yang melibatkan banyak material produksi. Broad Group menggunakan unit modular berukuran kontainer standar dan memiliki struktur baja tahan karat.

Unit modular tersebut diproduksi sendiri oleh Broad Group. Setiap unit modular tersebut memiliki panjang 12,19 meter, lebar 2,44 meter, dan tinggi 3 meter.

Ukuran ini sesuai dengan ukuran kontainer standar sehingga mudah diangkut ke situs pembangunan. Dalam pengerjaannya, modular tersebut dipasangkan berdampingan dan ditumpuk hingga sesuai dengan rancangan yang diinginkan.

“Instalasi di tempat yang sangat sederhana: Cukup kencangkan baut dan sambungkan air dan listrik, secepat 10 lantai dapat didirikan dalam satu hari,” ujar Broad Group.

Video tersebut menunjukkan blok apartemen yang telah selesai sepenuhnya hanya dilengkapi dengan dinding putih dan bingkai jendela kayu dan lantai. Di dalam setiap unit apartemen memiliki dua kamar tidur dan dilengkapi balkon.

Setiap unit modular dibuat dengan dinding dan lantai yang dibangun dari pelat baja tahan karat yang dibentuk dari dua pelat baja tahan karat yang dipisahkan oleh ratusan tabung baja tahan karat. Broad Group menjelaskan, pelat B-core yang mereka gunakan dalam membuat modular itu 10 kali lebih ringan dan 100 kali lebih kuat dari pelat lantai “konvensional”.

Perusahaan optimis dengan berhasilnya proyek Living Building, metode konstruksi yang sama juga bisa digunakan untuk membangun gedung-gedung publik atau bahkan gedung pencakar langit.

“Sangat cocok untuk tempat tinggal mewah, gedung pencakar langit 200 lantai, dan juga ide untuk bangunan umum dan tempat tinggal,” kata Broad Group.

Broad Group sendiri merupakan produsen unit pendingin udara China yang telah berkembang menjadi konstruksi modular. Pada tahun 2012, Broad Group meluncurkan rencana untuk membangun gedung pencakar langit 220 lantai, yang akan menjadi gedung tertinggi di dunia, dari komponen modular dalam tujuh bulan.

Namun, pembangunan gedung itu dihentikan karena alasan keamanan dan kurangnya persetujuan pemerintah. Belakangan dilaporkan bahwa fondasi bangunan tersebut telah digunakan kembali sebagai peternakan ikan.

Sebagai informasi, sistem modular adalah metode pembangunan dengan memanfaatkan material pabrikasi yang pembuatannya di luar lokasi proyek.

Tinggalkan Balasan