Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Waskita Bangun Jaringan Gas Rumah Tangga

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui EPC Division membangun Jaringan Gas Rumah Tangga (Jargas Rumah Tangga) dengan memanfaatkan gas bumi yang ramah lingkungan. Salah satu Jargas Rumah Tangga ini dibangun di wilayah Ibu Kota Baru Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur.

SVP EPC Division Purma Yose Rizal mengatakan, pembangunan Jargas Rumah Tangga ini dapat mengurangi emisi karbon dioksida (CO2) hasil pembakaran.

Selain di Kota Penajam Passer Utara, Jargas ini juga akan dibangun di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur dan Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Menurut Purma, pasokan Jargas Rumah Tangga untuk Kota Tarakan berasal dari Medco Energy Field Tarakan 0,2 dan PHE Field Bunyu 0,3 dengan total 0,5 MMSCFD dan terpakai 0,48 MMSCFD.

sumber: nasional.kompas.com

“Pembangunan Jargas kota Tarakan memiliki panjang jalur pipa induk sekitar 8.033 meter,” kata Purma dalam keterangan yang diterima kompas.com.

Kemudian, panjang jalur pipa distribusi yaitu 105.012 meter, dengan jumlah sambungan rumah sebanyak 5.084 capel.

Sementara, standar desain untuk saringan pipa memiliki daya tahan perpipaan minimal 20 tahun. Hal ini sesuai dengan standarisasi yang dikeluarkan oleh Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM.

“Diameter pipa yang dipergunakan adalah 6 inci, 4 inci, 10 milimeter, 125 milimeter, dan 90 milimeter,” tuntas Purma.

Tinggalkan Balasan