Indonesia Kalah! Jalan Namibia Terbaik di Afrika dan Nomor 23 di Dunia

Namibia dinilai memiliki jalan terbaik di seluruh benua Afrika pada tahun 2021. Penilaian ini berdasarkan Indeks Laporan Kompetitif Global Forum Ekonomi Dunia (WEF) tentang kualitas infrastruktur jalan.

Seperti dikutip dari neweralive.na, Namibia telah memenangkan penghargaan yang sama selama lima tahun berturut-turut dan tetap tidak tertandingi dalam hal jalan berkualitas baik di Afrika.

Kualitas jalan di negara di Afrika Selatan ini mendapatkan skor 5,2 dari 7. Sementara, di peringkat kedua dan ketiga ada Afrika Selatan dan Rwanda yang berhasil mendapatkan nilai 5,0.

sumber: namibian.com.na

Secara global, Namibia menempati peringkat 23, di atas raksasa ekonomi seperti China, India, dan Italia, yang masing-masing berada di peringkat 42, 46, dan 56. Sementara, Uni Emirat Arab, Singapura, dan Swiss berada di puncak daftar jalan terbaik di dunia dengan skor masing-masing 6,2.

Keberhasilan Namibia dikaitkan dengan dua faktor penting. Pertama, strategi pemeliharaan yang efektif pada infrastruktur jalan, sehingga memainkan peran penting dalam memperpanjang umur jalan. Kedua, peningkatan dan pembangunan jalan baru, yang memberi kontribusi signifikan terhadap kualitas jalan nasional.

Sebagai badan pengelola jalan setempat, Roads Authority (RA) berhasil mencatatkan berbagai prestasi dalam hal pengembangan dan perluasan infrastruktur jalan Namibia di seluruh pelosok negeri. Hal ini turut difasilitasi oleh komitmen pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perhubungan yang memprioritaskan penyediaan dana untuk pembangunan infrastruktur jalan.

Jalan-jalan di Namibia tidak memiliki lubang, bahkan jalan yang tidak diaspal pun mulus. Tak hanya itu, trotar yang dimiliki pun sangat berkualitas.

Sementara itu, Indonesia berada di urutan ke-59 dan hanya berhasil meraih nilai 4,2, setara dengan El Savador, Nikaragua, dan Yordania. Hal ini menunjukan kualitas jalan di Namibia jauh lebih baik daripada Indonesia, padahal Namibia termasuk negara yang berumur cukup muda, yakni baru berusia 21 tahun.

Indonesia bahkan kalah jauh dari negara tetangganya, Singapura, yang dinobatkan memiliki jalan terbaik di seluruh dunia.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan