Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Brisbane Ogah Bangun Venue Baru

JAKARTA, KOMPAS.com – Mendapat kehormatan sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 tidak membuat pemerintah kota Brisbane mengambil langkah untuk membangun venue baru.

Sebagai bagian dari ‘Norma Baru’, Komite Olimpiade Internasional telah menghapus aturan lama yang mengharuskan tuan rumah Olimpiade memiliki fasilitas yang dibangun khusus. Wali Kota Brisbane Adrian Schrinner mengatakan, 84 persen tempat untuk Olimpiade 2032 akan ada, diperbarui, atau sementara.

“Ini bukan tentang membangun fasilitas baru atau stadion atau arena olahraga. Ini tentang mencoba menggunakan apa yang kita punya atau meningkatkan kapasitasnya,” ujar Schrinner kepada abc.net.au.

sumber: kompas.com (Brisbane City Council)

“Kami telah melihat kota-kota lain hanya membuang uang dalam jumlah tak terbatas untuk menyambut Olimpiade. Itu bukan cara yang kami lakukan untuk Brisbane,” imbuh Schrinner.

Schrinner tak khawatir soal biaya untuk mempersiapkan olimpiade karena akan diselesaikan secara bertahap.

“Kami memiliki 11 tahun untuk mempersiapkan Olimpiade dan ini sangat cukup. Kami tak akan mengulangi kesalahan dari penyelenggara Olimpiade sebelumnya,” tegas Schinner.

Meskipun masih ada 11 tahun lagi untuk mempersiapkan diri, namun pemerintah setempat harus mulai bergegas sedini mungkin. Salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah persiapan venue lomba, tempat dilaksanakannya pertandingan dari kurang lebih 28 cabang olahraga.

Seperti dikutip dari abc.net.au, kemungkinan besar venue Olimpiade Brisbane ini akan tersebar di tiga tempat, terdiri dari 21 tempat di Brisbane, 7 di Gold Coast, dan 4 di Sunshine Coast.

Salah satu venue yang sudah pasti digunakan adalah The Gabba, yang merupakan stadion terbesar dan termegah di Brisbane. Stadion ini rencananya akan direnovasi dalam waktu dekat untuk meningkatkan kapasitas penonton menjadi 50.000 orang.

Meski Wali Kota Brisbane mengatakan tak ada pembangunan venue baru, namun sepertinya pembangunan beberapa venue besar tengah dilakukan. Misalnya, dari pusat akuatik berkapasitas 15.000 kursi di Brisbane CBD, yang bisa menjadi tempat penyelenggaraan lomba renang dan polo air.

Tinggalkan Balasan