Kantor Rusak Berat Akibat Banjir Bandang, Kanwil NTT Selamatkan Berkas Pertanahan

JAKARTA, KOMPAS.com – Bencana alam kembali terjadi di Indonesia, tepatnya di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sejumlah wilayah di NTT mengalami bencana alam, mulai dari pohon tumbang, hujan badai, hingga banjir bandang.

Beberapa kantor pemerintahan dan rumah warga mengalami kerusakan, tak terkecuali Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi NTT dan beberapa Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten/Kota setempat. Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil BPN Provinsi NTT Azis Barawasi mengatakan, saat ini tengah dilakukan pembersihan di Kanwil BPN dan penyelamatan berkas-berkas pertanahan, terutama warkah dan peta.

“Sedang difokuskan untuk pembersihan ruangan dan halaman serta penyelamatan warkah dan peta,” ujar Azis dikutip dari siaran pers kepada Kompas.com, Jumat (09/04).

sumber: kompas.com (Dok. Kementerian ATR/BPN)

Azis menjelaskan, Kantor Kanwil BPN Provinsi NTT paling terkena dampak bencana mengalami kerusakan cukup besar, terutama di lantai 3. Sementara, Kantah Kota Kupang mengalami kerusakan di 3 ruangan, kondisi atap kantor terangkat. Sedangkan, Kantah Kabupaten Sabu Raijua juga mengalami dampak dengan terendamnya kantor.

Karena mengalami kerusakan berat, kedua kantah tersebut tidak bisa melakukan pelayanan seperti biasa. Sementara kantah yang tidak terdampak musibah, pelayanan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Hingga saat ini, seluruh jajaran pegawai dari Kanwil BPN Provinsi NTT dan Kantah Kabupaten/Kota yang terkena dampak musibah ini dilaporkan selamat. Namun, ada beberapa rumah dari pegawai yang mengalami kerusakan cukup parah dan sedang dilakukan inventarisasi.

Tinggalkan Balasan