PUPR Buka Pendaftaran Tim Profesi Ahli Bangunan Gedung, Simak Caranya dan Buruan Daftar!

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) membuka pendaftaran tim profesi ahli (TPA) dalam Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) versi terbaru.

TPA merupakan pakar dari keprofesian atau perguruan tinggi atau pemerintah yang mendaftarkan diri untuk bekerja di bawah Pemerintah dalam penyelenggaraan bangunan gedung. TPA akan bekerja di bawah pemerintah dan ditugaskan dalam dua hal yaitu melakukan konsultasi rencana bangunan gedung dan rencana pembongkaran.

sumber: simbg.pu.go.id

Dilansir dari simbg.pu.go.id, berikut cara daftar menjadi TPA melalui laman SIMBG versi terbaru:
1. Pada website SIMBG, pilih menu (…).
2. Mengisi data diri.
3. Mengisi data keahlian yang sesuai dengan keahlian.
4. Mengisi data riwayat pendidikan.
5. Mengisi data riwayat pengalaman.
6. Memastikan data yang diisi sesuai dengan yang diinginkan.
7. Men-check kotak disclaimer sebagai persetujuan akhir data-data yang di-submit.
8. Poses pendaftaran selesai, tunggu selama beberapa hari untuk Pemerintah memverifikasi data yang sudah di-submit.
9. Untuk mengetahui hasil verifikasi dari Pemerintah, cek notifikasi pada menu (…).
10. Apabila notifikasi menyatakan diterima, maka pendaftar resmi menjadi TPA dan akunnya dapat dipakai dalam penugasan TPA.

Sementara alur kerja sebagai TPA melalui laman SIMBG versi terbaru adalah sebagai berikut:
1. TPA dapat mengecek penugasan pada menu (….).
2. Pada penugasan, akan diinformasikan mengenai jadwal konsultasi TPA yang paling dekat harinya.
3. Pada penugasan, akan diinformasikan juga mengenai lokasi konsultasi (apabila dilakukan konsultasi tatap muka) atau link virtual meeting (apabila konsultasi dilakukan daring) yang paling dekat.
4. Selama melakukan konsultasi, seluruh masukan dan pertimbangan teknis akan dimuat dalam berita acara dan akan ditandandangani oleh semua TPA yang menghadiri konsultasi tersebut.
5. Apabila hasil konsultasi sebelumnya dinyatakan masih membutuhkan perbaikan, TPA akan menunggu notifikasi untuk konsultasi selanjutnya, disertai waktu dan lokasi konsultasi berikutnya.
6. Informasi jadwal dan lokasi konsultasi selanjutnya dapat diakses dalam menu (…).
7. Apabila hasil konsultasi sebelumnya dinyatakan sudah final dan dapat dilanjutkan, tugas TPA telah berakhir dalam penugasan tersebut dan tunggu penugasan lainnya.

SIMBG versi terbaru merupakan tindak lanjut dari Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UUCK) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2021 sebagai payung hukum penyelenggaraan bangunan gedung di Indonesia.

SIMBG versi terbaru diklaim semakim memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam hal permohonan perizinan bangunan gedung.

Untuk mengurus bangunan seperti rumah dengan ukuran 70 meter persegi saja, melalui SIMBG versi terbaru hanya dilakukan dalam waktu tiga hari. Hal itu tentu berbeda dengan SIMBG versi lama yang menghabiskan waktu hingga 2 sampai 3 bulan.

SIMBG sendiri telah dikembangkan Kementerian PUPR sejak tahun 2017. Pada tahun 2018, SIMBG juga telah terintegrasi dengan sistem Online Single Submission (OSS) untuk memudahkan pelayanan bangunan gedung fungsi usaha.

Tinggalkan Balasan