Viral Apartemen Mirip Susunan Lego Berbentuk Piramida, Ternyata Tinggal di Sana Ribet!

JAKARTA, KOMPAS.com – Viral sebuah video tentang apartemen dengan bentuk dan gaya bangunan unik yang menyerupai piramida. Apartemen tersebut diketahui berada di sebuah Kota Kunshan, Provinsi Jiangsu, China Timur.

Dilansir dari akun YouTube South China Morning Post, apartemen ini terdiri dari tiga gedung yang saling berhadapan. Ketiganya berada dalam satu kompleks yang terlihat seperti kompleks piramida.

Bangunan bertumpuk ini dinamakan Modern Pyramid Estate. Kompleks apartemen ini mulai digunakan pada tahun 2013, dengan total luas bangunan mencapai 130.000 meter persegi.

Masters Architecturals Office yang merancang apartemen ini menegaskan, inspirasi bentuk struktur bukan dari piramida, melainkan teras sawah tradisional China yang dibangun di lereng gunung.

Disusun Mirip Lego

sumber: dailymail.co.uk

Setiap unit apartemen dilengkapi dengan balkon luas. Hal ini dimungkinkan karena setiap lantai ditumpuk dan disambung mirip balok lego yang saling menjorok ke luar dan membentuk limas. Setiap area yang menjorok ke luar itu yang dijadikan sebagai balkon untuk setiap unit apartemennya.

Meski terlihat unik dan futuristik, serta ideal untuk ditinggali, bangunan seperti ini ternyata membawa sejumlah masalah yang dihadapi oleh para penghuninya. Mereka kesulitan untuk melakukan aktivitas memasak di dapur karena tudung ventilasi yang tidak dapat dipasang di apartemen ini.

Karena ketidaknyamanan yang dialami tersebut, banyak penghuni memilih meninggalkan apartemen ini, dan pindah ke tempat lain.

Dianggap Tidak Praktis

sumber: dailymail.co.uk

Tinggal di apartemen dengan desain unik boleh jadi merupakan sebuah kebanggaan karena berbeda dari kebanyakan apartemen pada umumnya. Selain itu, pengalaman yang didapatkan juga berbeda, tidak biasa, dan mungkin juga berharga.

Namun demikian, desain apartemen ini menuai pro dan kontra. Banyak pihak yang meragukan kepraktisan desainnya. Termasuk, mempersoalkan desain balkon yang menjorok ke luar dan sangat rentan jika terjadi hujan karena balkon malah akan jadi tempat menampung genangan air hujan.

Bangunan ini terlihat bagus, tetapi siapa yang tahu ketidaknyamanan apa yang mungkin ada di dalamnya.

Tinggalkan Balasan