Warbiasah! Lahan Parkir di Hong Kong Terjual Rp 18,5 Miliar

Bisnis.com, JAKARTA – Hong Kong adalah salah kota metropolitan terpadat di dunia sehingga memarkir kendaraan pun bisa menjadi urusan yang pelik.

Sulitnya mencari lahan parkir akhirnya menjadi peluang yang bakal mendulang nilai yang tidak murah. Baru-baru ini sebuah lahan parkir di kawasan Mount Nicholson terjual senilai HK$ 10 juta (Rp 18,5 miliar).

Kawasan tempat bermukim orang-orang kaya di Hong Kong ini bernama The Peak, yang berhadapan dengan Pelabuhan Victoria.

sumber: ekonomi.bisnis.com (dok. reuters)

Dilansir carscoops, Rabu (9/6), nilai tersebut ternyata hanya 1 tempat parkir dari 29 lahan yang terjual dalam tender kepada para pemilik hunian di kawasan tersebut.

Ini adalah rekor terbaru di Hong Kong. Sebelumnya, lahan parkir di kota ini terjual HK$ 7,6 juta (Rp 13,9 miliar) di sebuah gedung berlantai 73 pada 2019.

Berdasarkan keterangan pengembang, pembeli lahan parkir tersebut bukanlah spekulan, tetapi memang membutuhkan lahan parkir untuk memarkir mobilnya. Kawasan residensial The Peak ini bernilai HK$ 400-HK$ 600 juta (Rp 727,67 miliar-Rp 1 triliun) sehingga tambahan jutaan dolar tampaknya bukan sesuatu yang mahal.

Harga lahan parkir memang cukup mencengangkan karena ditawarkan mulai dari HK$ 8,8 juta (Rp 16 miliar) dan 1 pembeli membeli 4 lahan sedangkan lainnya membeli 6 lahan.

Hong Kong bukanlah satu-satunya tempat di bumi ini dengan harga parkir yang tidak masuk akal. UPI melaporkan lahan parkir terjual jutaan dolar di New York City pada 2012.

Laporan aplikasi YourParkingSpace menunjukkan Britons mengantongi US$ 28 juta pada tahun lalu dengan menyewakan jalannya untuk pengendara motor.

Tinggalkan Balasan