4 Hal Penting Ini Wajib Diperhatikan Saat Akan Membeli Hunian di Kompleks Perumahan

Tinggal di kawasan perumahan memiliki kelebihan tersendiri. Selain bangunan rumah yang tertata rapi, pengembang juga biasanya sudah memikirkan eksklusivitas penghuninya sejak awal, termasuk privasi.

Privasi yang lebih terjaga di lingkungan perumahan memungkinkan penghuni dan anggota keluarganya untuk beraktivitas secara bebas tanpa dihadapkan pada keramaian, kebisingan, atau kemacetan. Kelebihan tersebut semakin bertambah lantaran saat ini banyak perumahan sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang menunjang kebutuhan penghuni.

Seluruh aspek eksklusivitas tersebut membuat banyak orang menginginkan tinggal di kompleks perumahan. Saat ini, tak sulit menemukan produk perumahan. Calon penghuni tinggal mencari hunian yang sesuai kebutuhan dan bujet.

sumber: serabutan.com

Meski begitu, bukan berarti bisa memilih perumahan secara asal. Ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan sebelum membeli rumah agar tidak menyesal di kemudian hari, terlebih pembelian rumah membutuhkan kocek yang tidak kecil. Berikut empat hal krusial yang mesti diperhatikan saat hendak membeli hunian di perumahan.

Kesesuaian Produk Hunian dengan Brosur
Banyaknya iklan properti membuat kita harus lebih teliti. Sebab, tak jarang rumah yang diiklankan tidak sesuai dengan kondisi aslinya. Karena itu, sebaiknya survei terlebih dahulu perumahan dan unit yang hendak dibeli.

Pengecekan dilakukan untuk memastikan kondisi produk sesuai dengan iklan yang ditawarkan. Adapun poin yang diperhatikan saat melakukan survei adalah kelengkapan fasilitas, keberadaan bangunan, dan keadaan lingkungan sekitar perumahan.

Selain itu, tanyakan juga mengenai kelengkapan perizinan bangunan kepada pihak pengembang. Hal ini jadi perhatian agar terhindar dari masalah hukum setelah melakukan pembelian.

Pertimbangkan Lokasi
Lokasi menjadi hal penting selanjutnya yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli hunian di kompleks perumahan. Pastikan perumahan yang hendak dibeli punya lokasi strategis dan dekat dengan berbagai fasilitas, seperti kesehatan, pusat perbelanjaan, dan pendidikan.

Lalu, perhatikan juga akses transportasi di kawasan tersebut. Akan lebih menguntungkan jika di kawasan perumahan tersedia transportasi umum, sehingga dapat menunjang mobilitas harian. Selain itu, pastikan juga lingkungan perumahan yang hendak dibeli aman, bebas banjir, dan ramah keluarga.

Konsep Bangunan Rumah
Selain faktor lingkungan, harus juga memikirkan konsep bangunan rumah. Ada baiknya hunian yang dibeli sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Untuk menilai kualitas bangunan, cek material yang digunakan, desain, dan tata ruang rumah. Pada rumah berkonsep minimalis, misalnya, pastikan ruang-ruang yang disediakan dapat mengakomodasi seluruh fungsi hunian, setidaknya untuk kebutuhan standar, mulai dari kamar, dapur, hingga kamar mandi.

Selain minimalis, banyak pengembang juga menyediakan rumah berkonsep klasik dan modern. Pilihlah konsep yang dapat membuat merasa nyaman ketika ditempati.

Cek Kredibilitas Developer
Membeli rumah di kompleks perumahan saat ini lebih mudah dengan banyaknya penawaran dari developer. Meski begitu, pastikan untuk memilih produk hunian dari pengembang berpengalaman dan berportofolio baik.

Sebab, produk properti yang dibangun developer berpengalaman biasanya sudah terjamin kredibilitasnya. Mereka juga biasanya sudah memperhitungkan segala aspek, sehingga standar dan kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan