5 Hal Ini Bikin Klaim Asuransi Kebakaran Rumah Ditolak

Memiliki asuransi kebakaran sangat penting mengingat musibah bisa datang kapan saja dan tanpa diduga-duga. Uang yang didapat saat terjadi kebakaran rumah bisa digunakan untuk mengurangi biaya renovasi atau membeli rumah baru. Tapi sudah jatuh tertimpa tangga pula, apa jadinya kalau klaim asuransi kebakaran rumah yang Sobat Ngopi ajukan malah ditolak?

Ada beberapa hal yang menyebabkan klaim kebakaran rumah ditolak oleh pihak asuransi. Apa sajakah itu? Simak lima penyebab ditolaknya klaim asuransi kebakaran berikut ini.

Surat Pengajuan Klaim Tidak Sesuai Polis
Saat akan mengajukan surat klaim kepada pihak asuransi, pastikan surat pengajuan sudah sesuai standar surat pengajuan klaim yang seharusnya. Selain itu, isi atau konten yang ada pada surat klaim harus sesuai dengan polis asuransi yang sudah disepakati dengan pihak asuransi.

sumber: time.com

Terlambat Mengajukan Klaim
Dalam peraturan polis asuransi tertulis aturan waktu dan durasi dalam pengajuan klaim, misalnya 7 hari dari mulai terjadinya kebakaran. Untuk itu, ajukan klaim pada pihak asuransi secepat mungkin, atau setidaknya 3 hari setelah terjadi kebakaran. Jika lalai dalam memenuhi syarat waktu pengajuan surat klaim, akan menghambat kerja pihak asuransi dalam memenuhi permintaan klain. Karena dalam memproses surat klaim, ada banyak langkah dan proses yang harus dilalui oleh pihak asuransi, seperti survei terhadap lokasi, menghitung jumlah kerugian, dan pemberitahuan serta tindakan pencegahan terhadap kerugian lainnya.

Terdapat Unsur Kesengajaan
Sebelum pihak asuransi menyetujui klaim, biasanya pihak asuransi akan melakukan survei pada lokasi terjadinya kebakaran dan menyelidiki secara detail mengenai faktor-faktor yang menyebabkan kebakaran tersebut. Jika terdapat kecurigaan adanya unsur kesengajaan, entah itu dari survei lokasi, pernyataan pemilik rumah, atau orang-orang yang tinggal di lokasi sekitar kebakaran, maka klaim asuransi terancam ditolak. Oleh karena itu pastikan untuk memberi pernyataan sejujurnya mengenai terjadinya kebakaran. Kalau perlu, mintalah surat pernyataan resmi penyelidikan lansung dari polisi untuk ikut disertakan dalam surat pengajuan klaim.

Asuransi Tidak Melindungi dari Kebakaran
Ini adalah kesalahan murni dari pemilik rumah yang mengajukan klaim, yang tidak mengetahui jenis asuransi yang diambil, apakah juga menanggung kerusakan akibat kebakaran atau tidak. Biasanya, polis standar pada asuransi yang banyak digunakan sering tidak menyediakan perlindungan aset terhadap kebakaran.

Asuransi kebakaran biasanya sudah terbagi sendiri. Untuk itu, sebelum memutuskan memilih asuransi, coba pastikan terlebih dahulu apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tersebut dan perlindungan dari apa saja yang bisa dipenuhi oleh pihak asuransi.

Tidak Membayar Premi Asuransi
Penuhi dengan baik kewajiban terhadap pihak asuransi jika ingin mendapatkan hak perlindungan. Pihak asuransi pasti tidak akan sanggup memenuhi pembayaran perbaikan aset dari kebakaran jika pembayaran premi asuransi tidak sesuai dengan persyaratan atau bahkan tidak dibayarkan.

Tinggalkan Balasan