5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Bekas Huni

Membeli rumah second atau bekas huni bisa jadi alternatif dalam mencari hunian. Namun, membeli rumah bekas huni tentu berbeda dengan membeli rumah baru ataupun membangun rumah.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan jika Sobat Ngopi berniat membeli rumah bekas huni. Bukan hanya dari segi anggaran, tapi perlu juga dipikirkan soal kebutuhan, lokasi, desain, kondisi rumah, dan lain sebagainya.

Lokasi
Hal utama yang harus dipertimbangkan ketika membeli rumah adalah lokasi. Umumnya, rumah bekas huni terletak di kawasan dengan lingkungan yang sudah mapan. Artinya, telah tersedia beragam infrastruktur, seperti jaringan transportasi umum, restoran, pertokoan, dan fasilitas lainnya.

sumber: mashvisor.com

Hal ini berbeda dengan perumahan baru yang biasanya belum banyak menyediakan fasilitas umum di sekitarnya, dan masih dalam tahap pengembangan.

Desain
Rumah bekas huni didesain sesuai selera penghuni sebelumnya, yang belum tentu Sobat Ngopi suka. Rumah bekas huni juga biasanya hadir dalam tata letak yang lebih tradisional.

Renovasi
Pikirkan juga soal renovasi sebelum memutuskan membeli rumah bekas huni. Elemen-elemen mekanis seperti kabel, pipa ledeng, dan lainnya kemungkinan sudah usang. Bahkan, beberapa rumah bekas huni memerlukan penggantian seluruh sistem utilitas, dari sistem kelistrikan sampai pipa. Karena itu, periksa dengan benar terlebih dahulu untuk menghindari kerusakan di kemudian hari.

Garasi/Carport
Kalau Sobat Ngopi memiliki mobil, jangan lupakan garasi atau paling tidak carport. Masalahnya, banyak rumah bekas huni, terutama yang tidak terlalu luas, yang didesain tanpa menyediakan lahan parkir. Hal itu berbeda dengan rumah baru yang dibangun dengan pertimbangan gaya hidup keluarga modern.

Biaya
Rumah bekas huni tidak selalu jatuhnya lebih murah dari rumah baru. Perlu dipertimbangkan bahwa harga rumah dan tanah selalu naik. Selain itu, jika diperlukan proses renovasi, hal itu tentu akan memakan biaya ekstra.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan