6 Hal Ini Bikin Harga Jual Rumah Jatuh, Segera Perbaiki!

Sebelum menjual rumah, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Karena jika terlihat ada cela sedikit saja, hal itu akan membuat harga jual rumah jatuh dan menjadi murah.

Oleh karena itu, benar-benar persiapkan rumah sebelum ditawarkan ke pasar. Segera perbaiki dan ambil tindakan yang diperlukan jika menemui hal-hal yang akan menimbulkan penilaian negatif calon pembeli dan membuat harga rumah jatuh, di antaranya:

Bau Tak Sedap
Rumah yang tidak terawat, terutama rumah lama atau jarang dihuni, biasanya beraroma apek. Selain itu, bau tak sedap juga tercium di rumah yang terdapat hewan peliharaan.

sumber: azbigmedia.com

Bagi penghuninya mungkin aroma tersebut biasa saja. Tapi buat orang yang baru pertama kali masuk ke dalam rumah, bau apek atau aroma hewan peliharaan terasa sangat mengganggu.

Atasi bau tak sedap di rumah yang akan dijual dengan menghilangkan sumber bau, membersihkan area-area yang sering ditempati hewan peliharaan, dan menambahkan pengharum ruangan dengan aroma yang segar dan menyenangkan.

Salah Renovasi
Renovasi adalah langkah yang tepat dilakukan sebelum menjual rumah. Tapi, jangan nekat melakukan renovasi rumah sendiri jika merasa tidak kompeten. Gunakanlah jasa profesional agar tak salah dalam merenovasi. Jangan sampai karena ingin menghemat biaya renovasi malah menambah rusak rumah. Ketika konsumen datang untuk melihat rumah, mereka akan sulit melihat kekurangan tersebut.

Berantakan
Jangan membiarkan rumah berantakan ketika ingin dijual. Ini kesalahan yang sangat fatal dan akan mempengaruhi konsumen atau calon pembeli. Pasalnya, seorang calon pembeli rumah perlu membayangkan kehidupan mereka di rumah tersebut, dan akan sulit membayangkannya jika rumah dalam kondisi berantakan.

Warna Cat Terlalu Mencolok
Gunakanlah warna cat tembok netral ketika rumah ingin dijual. Warna cat yang sangat mencolok dan terang akan membuat rumah terlihat kurang menarik dan tampak seperti rumah murah. Agar harga rumah tidak jatuh, sesuaikanlah warna cat dengan keinginan pasar dan konsumen. Cara itu sangat penting agar rumah cepat terjual dengan harga terbaik.

Dekat Terminal/Stasiun
Jika tinggal di dekat bandara, terminal, stasiun atau jalur kereta api, dan jalan raya, kemungkinan nilai properti akan lebih rendah. Calon pembeli akan terganggu oleh kebisingan dan polusi di kawasan tersebut. Sayangnya, tidak banyak yang bisa dilakukan dengan kondisi seperti itu.

Dapur dan Kamar Mandi Rusak
Pastikan dapur dan kamar mandi dalam keadaan baik saat menjual, karena ini adalah dua area yang paling banyak dilihat pembeli. Namun jika sudah usang atau dalam keadaan rusak, perbaikilah sebelum rumah dijual. Kalau hanya kotor, cukup dibersihkan hingga kinclong.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan