7 Hal yang Harus Dipikirkan Baik-Baik sebelum Membeli Rumah Kedua

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki rumah merupakan impian semua orang. Setelah melunasi rumah pertama, ada kalanya orang ingin membeli rumah kedua.

Hunian kedua biasanya difungsikan sebagai salah satu investasi. Ada juga orang yang ingin memiliki rumah khusus untuk liburan atau tempat tinggal di hari tua.

Anda tertarik memiliki rumah lagi? Simak 7 tips yang perlu dipikirkan sebelum membeli rumah kedua berikut ini.

Perumahan di Sentul City. - SentulCity.co.id
sumber: sentulcity.co.id

Jangan Impulsif
Hindari untuk membeli rumah atas dasar iseng atau keinginan belaka. Ketika Anda membeli karena sifat impulsif sedang dominan, kemungkinan Anda mendapatkan rumah yang tidak sesuai dengan kebutuhan, bahkan tidak sanggup membayar cicilan.

Evaluasi Kebutuhan Jangka Panjang
Bersikaplah realistis tentang jenis rumah kedua yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Jika Anda mencari rumah untuk hari tua, perhatikan nilai aksesibilitas rumah dan periksa layanan perawatan kesehatan di daerah tersebut.

Kenali Daerah
Kenali kondisi daerah tersebut dengan mengunjungi saat musim panas atau hujan. Anda juga bisa berbincang dengan penduduk setempat untuk mendapat gambaran yang lebih jelas.

Sewa Agen Properti
Jika Anda ingin membeli rumah di luar daerah rumah Anda, cobalah cari agen real estat lokal yang dapat membantu Anda untuk mengenal harga pasar.

Pilih Jenis Rumah yang Tepat
Pikirkan beberapa jenis rumah yang Anda butuhkan. Jika Anda ingin menjaga privasi, Anda dapat memilih rumah tunggal. Namun jika Anda akan menggunakan rumah sesekali, kondominium merupakan pilihan yang tepat.

Hitung Biaya Tambahan
Jangan lupakan tentang asuransi dan biaya pemeliharaan untuk rumah kedua Anda. Untuk biaya pemeliharaan, ada aturan praktis yang dapat Anda lakukan, yakni dengan menyisihkan 2 persen dari nilai rumah per tahun untuk pemeliharaan dan perbaikan.

Sewakan Rumah
Jika Anda membutuhkan uang ekstra untuk membantu cicilan bulanan, Anda dapat menyewakan rumah kedua. Sebelum mulai menyewakan, perhatikan aturan yang berlaku.

Tinggalkan Balasan